header-image

ANGGOTA KODIM KULON PROGO BANTU WARGA PEMBERSIHAN

Kodim 0731/Kulon Progo·03 Dec 2017·15:24

Kedatangan musim penghujan tahun ini masih menyisakan duka yang mendalam, khususnya bagi warga Kabupaten Kulon Progo. Guyuran air hujan di wilayah pegunungan bagian utara Kulon Progo seperti Kokap, Pengasih, Girimulyo, Kalibawang dan Samigaluh membawa dampak tanah longsor yang membawa korban jiwa. Sebaliknya di wilayah bagian selatan seperti Galur, Panjatan, Wates dan Temon terkena dampak banjir.

Hari ini, secara serentak Anggota Kodim Kulon Progo melaksanakan Apel Siaga Bencal di beberapa titik wilayah yang membutuhkan penanganan secara masal. Seperti di wilayah Kecamatan Wates melaksanakan perbaikan tanggul sungai sepanjang 30 meter tepatnya di Dusun Durungan Kelurahan Wates yang jebol akibat terjangan air. Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Wates, Anggota DPRD Kulon Progo Bapak Sudarto dan Bapak Hamam, Lurah Wates, Anggota Polres Kulon Progo, Anggota Ormas dan 125 warga masyarakat Wates.

Kemudian di Wilayah Kecamatan Panjatan, 1 Pleton Anggota Kodim Kulon Progo bersama Anggota Polri dan relawan membantu pembersihan sisa-sisa banjir di Dusun 1 dan 2 Desa Krembangan. Puluhan rumah yang ditinggalkan pemiliknya nampak sangat memprihatinkan kondisinya, bahkan barang-barang mereka banyak yang rusak karena terendam banjir. Belum lagi fasilitas umum seperti Masjid dan sekolahan. Siang ini rencananya para pengungsi sudah diperbolehkan pulang, sehingga pekerjaan difokuskan pada kegiatan pembersihan. Nampak beberapa Anggota TNI membersihkan  Masjid, ada yang membantu membersihkan rumah warga, ada yang membantu jemur kasur dan lain-lain.

Selanjutnya di Wilayah Girimulyo, 20 orang Anggota Kodim Kulon Progo bersama Kepolisian dan relawan membantu masyarakat membersihkan timbunan lumpur yang menutupi akses jalan dibeberapa titik yang mengalami kelongsoran.

Karena keterbatasan waktu dan tenaga,  untuk wilayah yang belum bisa ditangani akan dikerjakan pada hari berikutnya. Anggota Kodim Kulon Progo bertekad akan membantu masyarakat seperti yang tercantum dalam 8 Wajib TNI yang terakhir yakni menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Informasi Prajurit