header-image

Babinsa Bentuk Mental Anggota Saka Wira Kartika

Kodim 0709/Kebumen·30 Jan 2018·07:26

Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno menutup kegiatan dan menyematkan tanda bedge Saka Wira Kartika pada 39 siswa/siswi SMA Negeri 1 Kutowinangun yang baru menyelesaikan kegiatan aplikasi dan pengukuhan anggota Saka Wira Kartika Ranting Kutowinangun sekaligus Danramil juga meresmikan nama kegiatan kesakaan ini dengan nama Kupasus (Kutowinangun Pasukan Khusus). Minggu (28/01/18).

Kupasus adalah kegiatan Kepramukaan yang ada di SMA N 1 Kutowinangun, yang secara Khusus dibina dan dilatih oleh para Babinsa Koramil 09/Kutowinangun yakni Sertu Giyadi, Serda Hendy dan Serda Sobani, dengan harapkan para siswa memiliki mental baja dalam menghadapi dinamika saat ini.

Menurut keterangan, kegiatan ini atas kerjasama Koramil 09/Kutowinangun dengan SMA N 1 Kutowinangun yang sudah berjalan cukup lama, melalui kegiatan ini mampu mewadahi kegiatan pembinaan kepramukaan di sekolah tersebut sekaligus meningkatkan kesadaran bela negara para generasi muda melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang matra darat yang diberikan oleh para Babinsa Koramil 09/Kutowinangun.

Selain untuk membentuk karakter bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa yakni Pancasila, UUD 45, NKRI, persatuan dan kesatuan, maka para Babinsa juga memberikan berbagai bentuk kegiatan yang dapat menarik minat dan bakat mereka.

“Matra darat itu sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai, agar mental para siswa disini terbentuk dan siap menghadapi berbagai tantangan dan rintangan alam, hal lainnya mereka menjadi siap pakai jika diperbantukan dalam menghadapi ancaman bencana alam. “ tutur Hendy.

“Kami merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini, juga dukungan para guru di sekolah dan para orang tua siswa semoga kegiatan ini bisa bermanfaat, bukan saja di sekolah tetapi bermanfaat di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing, kami ikhlas melatih mereka agar punya kualitas disiplin yang matang dan ini semata-mata untuk meningkatkan wawasan kebangsaan serta bela negara bagi mereka, sehingga akan semakin kuat semangat dan jiwa Nasionalismenya, Cinta Tanah Airnya dan Bangga menjadi Bangsa Indonesia,” Imbuhnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dengan mengambil lokasi di Kutowinangun merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama 6 bulan terakhir.

Informasi Prajurit