header-image

Babinsa Dukun Dampingi Pelatihan Penanaman Sistem “Jarwo”

Kodim 0705/Magelang·07 Feb 2018·10:04

Magelang — Anggota koramil 15/Dukun kodim 0705/Magelang melaksanakan pendampingan dan pelatihan penanaman padi dengan sistem/pola jajar legowo dilahan seluas 0,25 hektar, lahan  milik Ny. Lina Suspitasari anggota Kelompok Tani Tani Lestari Dusun Gendungan Desa Kalibening dengan padi yang di tanam jenis melati.

Pelatihan dan penanaman padi dengan sistem/pola jajar legowo yang dilaksanakan tersebut dihadiri  oleh PPL Desa Kalibening Istarto, ketua kelompok tani, ketua gapoktan, ketua kelompok tani wanita se Desa Kalibening pelatihan dan penanaman padi dengan sistem jajar legowo bertujuan untuk memperkenalkan kepada petani tentang manfaat menanam padi dengan sistem/pola jajar legowo.

Pola atau sistem jajar legowo merupakan penanaman padi dengan mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah – olah tanaman padi dipinggir ( tanaman pinggir )atau seolah – olah tanaman padi lebih banyak dipinggir, sistem tanam jajar legowo bisa 2: 1,3 : 1 atau 4 : 1.

Babinsa Kalibening Serma Eka Widiyanta mengatakan bahwa petani dalam menanam padi dengan menggunakan sistem jajar legowo adalah menambah jumlah tanaman padi sehingga prodiksi tanaman padi akan semakin meningkat secara signifikan, memperbaiki kwalitas gabah karena banyaknya tanaman pinggir dan dapat mencegah hama pada tanaman padi.

“Dengan system jarwo ini diharapkan hasil panen akan semakin meningkat”ujar Eka

Istiarto, selaku PPL Desa Kalibening membenarkan apa yang dikatakan oleh babinsa Serma Eka Widiyanta, menurutnya berdasarkan pengalaman bahwa tanaman padi yang berada dipinggir akan menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kwalitas gabah menjadi lebih baik, hal tersebut disebabkan tanaman padi yang berada dipinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak oleh sebab itu sistem jajar legowo menjadi alternatif yang paling tepat untuk meningkatkan produksi gabah.

Ketua Kelompok Tani Sari Tani dusun Gendungan Desa Kalibening,  Sriyanto mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak babinsa dan PPL Desa Kalibening yang sudah memberikan penyuluhan dan pelatihan sistem tanam jajar legowo kepada masyarakat semoga dengan penyuluhan dan pelatihan yang diberikan para petani bisa menyerap ilmunnya dan mempraktekan disawah masing – masing sehingga kedepan hasil panen semakin meningkat dan kehidupan petani menjadi lebuh sejahtera.

Informasi Prajurit