header-image

BABINSA GIRIPURWO GIRIMULYO KODIM KULON PROGO BANTU PENYEMPROTAN TANAMAN PADI

Kodim 0731/Kulon Progo·14 Feb 2018·13:11

Tanaman padi di Bulak Lengkong, Dusun Gripurwo, Girimulyo, Kulon Progo, tumbuh subur, saat ini sudah mulai beranak/memecah.   Pada tahapan ini perlu perawatan ekstra, pemupukan dan pencegahan hama, agar pertumbuhan padi tidak terganggu.  Babinsa Giripurwo (Serka Cahyadi) Koramil 12/Girimulyo, Kodim 0731/Kulon Progo, pada Hari Selasa (13/2), membantu petani melakukan penyemprotan tanaman padi.

Penyemprotan dilakukan di lahan milik salah seorang petani anggota Kelompok Tani “Ngudi Makmur” yang diketuai oleh Sumarno, dengan luas lahan 1,5 hektar dengan jenis padi yang ditanam  Ciherang.   Penyemprotan merupakan tahapan pertengahan dalam pemeliharaan tanaman padi atau usia tanaman satu setengah sampai dua bulan.   Penyemprotan waktunya hampir bersamaan dengan penyiangan.   Pelaksanaan minimal satu kali penyemprotan, apabila tanaman terserang hama penyemprotan bisa ditambah jumlahnya dengan obat-obatan disesuaikan dengan hama yang menyerang tentu saja atas arahan dan petunjuk dari PPL.

Serka Cahyadi menuturkan bahwa dengan penyemprotan ini diharapkan tanaman terbebas dari penyakit/hama, sehingga tanaman padi dapat tumbuh subur sesuai yang diharapkan.  Dengan pertumbuhan tanaman yang bagus tentu saja nantinya dapat menghasilkan bulir padi yang berkualitas, sehingga produksi padi/gabah dapat maksimal.   Meningkatnya hasil panen akan menambah kesejahteraan petani itu sendiri dan sekaligus membantu pemerintah dalam menyukseskan swasembada pangan menuju ketahanan pangan negeri ini.

Informasi Prajurit