header-image

BABINSA JATIREJO LENDAH KODIM KULON PROGO BANTU PENGOLAHAN LAHAN PETANI

Kodim 0731/Kulon Progo·12 Jan 2018·16:25

(Lendah, 11/1/18).    Panen padi Musim Tanam I di Desa Jatirejo, Lendah, Kulon Progo, Yogyakarta telah berakhir.   Para petani mulai mengolah lahan sawahnya, untuk menanam padi kembali. Pada saat pengolahan lahan ini Babinsa melaksanakan pemantauan diseluruh area persawahan agar petani dapat menanam padi tepat waktu atau sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Serma Baridi, Babinsa Jatirejo, Koramil 08/Lendah Kodim 0731/Kulon Progo, pada Hari Kamis (11/1), selain melakukan pemantauan juga terjun langsung ke sawah untuk membantu petani mengolah lahan dengan menggunakan traktor.  Pada kesempatan ini ia membantu Kelompok Tani “Lumintu” yang berada di desa binaannya tersebut. Serma Baridi tampak sudah mahir mengoperasikan traktor, karena memang sudah sering kali bergelut dengan alat tersebut.

Sambil lahan digarap/diolah para petani juga sudah mulai menanam bibit padi di sebagian sawah yang lain.  Hal ini dimaksudkan agar setelah lahan selesai diolah, bibit padi juga sudah siap tanam, sehingga jadwal waktu tanam yang telah ditentukan dapat ditepati.   Dalam pengolahan lahan dan pembibitan para petani diharapkan dapat kompak atau bersamaan waktunya, dengan tujuan untuk mengurangi penyakit/hama tanaman, demikian tegas Serma Baridi.

Informasi Prajurit