header-image

BABINSA KODIM 0729/BANTUL KONSISTEN BANTU PETANI SWASEMBADA PANGAN

Kodim 0729/Bantul·13 Jan 2018·14:52

Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0729/Bantul konsisten dalam melakukan pendampingan kepada petani. Hal ini dilakukan sebagai bentuk nyata TNI AD dalam mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada beras nasional.
Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Inf Yuswanto menegaskan, “pendampingan  kepada petani dilakukan saat persiapan pembibitan, penanaman, perawatan, hingga panen dan juga pemasaran. Jika petani menemui kendala maka para Babinsa siap membantu untuk memecahkan permasalahan dan mencari solusinya.”
“Dengan demikian diharapkan produktifitas para petani dalam penghasilkan beras dapat lebih optimal. Ini wujud nyata TNI AD dalam mendukung program pemerintah dalam swasembada beras,” tegasnya didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul Mayor Inf Suwarno di Makodim 0729/Bantul, Jumat (12/01/2018).
Jajaran Kodim 0729/Bantul melalui Danramil di 17 kecamatan yang ada dikabupaten ini telah memerintahkan untuk menggerakkan Babinsa guna mendampingi para petani. Masing-masing Babinsa nantinya bertanggungjawab terhadap para petani di wilayah kelurahan masing-masing.
Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Sedayu, Koptu Andrean. Prajurit yang bertugas mendampingi para petani di Desa Argomulyo ini tak ragu membantu panen padi di lahan seluah 25 hektar milik tiga kelompok tani.
Dengan alat dan mesin pertanian (alsintan) jenis Combain Hervester H140R, Koptu Andrean membantu proses panen yang dilakukan petani di wilayahnya. Sebelumnya jajaran Kodim Bantul telah memberikan pelatihan kepada para Babinsa untuk dapat mengoperasikan alsintan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) guna meringankan pekerjaan petani.

Informasi Prajurit