header-image

BABINSA KOKAP LATIH PBB DI PONDOK PESANTREN

Kodim 0731/Kulon Progo·12 Feb 2018·08:22

Upaya melakukan pendidikan disiplin kepada siswa siswinya, Pondok Pesantren Nurul Khasanah yang beralamatkan di Dusun Penggung, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap menggandeng Babinsa  Koramil-03/Kokap untuk memberikan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang diikuti oleh 94 peserta yang terdiri dari 63 pria dan 31 wanita.

Menurut Bati Tuud Koramil 03/Kokap, Pelda Riyanto menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif dan bagus untuk melatih disiplin para peserta dalam segala hal, mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali harus jadwalkan.Disiplin merupakan salah satu kunci pokok dari keberhasilan. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyiapkan dan mendidik Kader NU agar memiliki bekal dasar pengetahuan dalam berorganisasi selain sebagai salah satu upaya dalam melaksanakan pendidikan bela negara.

Seperti yang dilaksanakan hari ini, dimulai dengan kegiatan senam pagi. Sebagai Instruktur Kopda Sugiyono Anggota Koramil 03/Kokap. Hal ini dilakukan agar seluruh otot badan kita siap melakukan kegiatan apapun tanpa ada hambatan. Senam pagi juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Setelah istirahat sejenak materi berikutnya adalah PBB yang diisi oleh Babinsa Hargorejo Serda Sugito. Setelah perkenalan, pelatih memberikan teori dan beberapa contoh tentang gerakan PBB yang diperagakan oleh beberapa Anggota Koramil. Setiap selesai materi, para peserta diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri dan merasakan setiap gerakan yang diajarkan.Materi PBB merupakan materi yang sangat melelahkan sekaligus menegangkan, para peserta juga harus konsentrasi mendengarkan aba-aba dari instruktur maupun pemimpinnya.

Dari pengakuan beberapa peserta, awalnya merasa takut sekali melihat Anggota TNI yang berada dilingkungan mereka.Tapi setelah Anggota Koramil 03/Kokap memperkenalkan diri dengan ramah dan menjelaskan dari pada tujuan mereka disini, akhirnya para peserta bisa mengerti dan memahami  bahkan para peserta dengan ikhlas dan senang hati melaksanakan seluruh kegiatan sehingga berjalan dengan lancar tertib dan aman.

Informasi Prajurit