header-image

BABINSA KORAMIL LENDAH KULON PROGO BERIKAN WASBANG KADER PEMUDA MUHAMMADIYAH

Kodim 0731/Kulon Progo·15 Nov 2017·10:38

Koramil 08/Lendah, Kodim 0731/Kulon Progo, peduli akan keberadaan Kader Muhammadiyah Dusun Gegulu, Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo.   Kepedulian itu diwujudkan dengan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada para pemuda Muhammadiyah tersebut.    Giat ini diselenggarakan pada Minggu (12/11), pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai bertempat di Dusun Gegulu, yang diikuti oleh puluhan pemuda Muhammadiyah.

Pada kesempatan ini Serda Marsodik (Babinsa Gulurejo) dan Serda Suyadi (Babinsa Sidorejo), Koramil 08/Lendah, Kodim 0731/Kulon Progo, sebagai narasumber dengan memberikan materi Wasbang dan Bela Negara.  Materi Wasbang yang disampaikan oleh Serda Suyadi meliputi  Konsensus Dasar Bangsa, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI dan Pancasila.   Dalam paparannya antara lain disampaikan bahwa Pancasila mengandung Nilai Religius, Persaudaraan, Keselarasan, Kerakyatan dan Keadilan.  Untuk itu para pemuda agar senantiasa berpedoman pada sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. UUD 1945 memiliki makna sebagai Nilai Demokrasi, Kesamaan Derajat dan Ketaatan Hukum.   NKRI memiliki arti sebagai  Nilai Kesatuan Wilayah, Persatuan Bangsa dan Kemandirian.  Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu memberikan makna bahwa kita harus toleransi antar sesama, keadilan dan gotong-royong. sebagai wujud nyata dalam kehidupan di masyarakat/di sekolah.

Selanjutnya materi bela negara diberikan oleh Serda Marsodik.  Dalam paparannya diantaranya disampaikan agar para pemuda semakin mencintai bangsanya sendiri, sehingga timbul rasa bangga untuk mempertahankan dan meningkatkan kemajuan negeri ini.  Di masa seperti sekarang para pemuda dapat melakukan hal-hal yang terbaik diantaranya dengan tidak melakukan hal yang bersifat negatif dan dilarang oleh undang-undang, tidak melakukan tawuran/berbuat onar,  menjauhi narkoba dan minuman keras.  Untuk lebih mewujudkan cintanya kepada NKRI para pemuda agar selalu menggunakan produk-produk dalam negeri dan masih banyak hal-hal lain yang menunjukkan kecintaan kepada NKRI.

Dengan diberikan penyuluhan tentang Wasbang dan Bela Negara ini diharapkan para kader pemuda Muhammadiyah ini, memiliki wawasan/pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta berperan dalam menjaga keutuhan NKRI, demikian tegas Serda Suyadi.

Informasi Prajurit