header-image

BABINSA PRAWIRODIRJAN RUTIN SAMBANG KAMPLING DIWILAYAH BINAAN

Kodim 0734/Yogyakarta·14 Nov 2017·09:05

 

Gondomanan, Senin 13 November 2017 Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Babinsa Prawirodirjan Koramil 12/Gondomanan Kodim 0734/Yogyakarta Serda Ali anwar bersama  Babinkamtibmas rutin melaksanakan sambang kampling ditiap-tiap Rw. Kelurahan Prawirodirjan.

Giat ini untuk menumbuh kembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing dengan Tujuan utama menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat,rasa aman dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas maupun bencana alam.

Berikut beberapa manfaat ronda dalam sistem keamanan lingkungan di antaranya Menjaga keamanan dari pencurian, perampokan, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya ganguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai anggota masyarakat sekaligus sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk berpartisipasi aktif dalam upaya bela negara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan disekitar tempat tinggal kita dengan giat ronda / Siskamling berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh perangkat desa dalam hal ini ketua RT setempat.

Informasi Prajurit