header-image

BABINSA SALAMREJO SENTOLO KODIM KULON PROGO PENDAMPINGAN PENYIANGAN TANAMAN PADI

Kodim 0731/Kulon Progo·14 Feb 2018·09:44

Serda Sarijan, Babinsa Salamrejo, Ramil 07/Sentolo, Kodim 0731/Kulon Progo, memantau pertumbuhan tanaman padi milik Kelompok Tani “Jelegong Kantaran” di Dusun Giyoso yang diketua oleh Kemin Hadi Sutrisno.   Pemantauan dilaksanakan bersama dengan salah satu petani pemilik lahan yang tergabung dalam Kelompok Tani tersebut.

Dari hasil pemantauan pertumbuhan tanaman padi di lahan seluas duabelas hektar yang ditanami padi jenis Mikongga, tanaman padi yang berusia sekitar dua bulan ini tumbuh dengan subur, Ditengah-tengah hamparan hijau tanaman padi terlihat disalah satu lahan tersebut ditumbuhi rumput gajah yang tingginya melebihi tanaman padi.   Apabila rumput gajah ini dibiarkan tumbuh tentu akan mengganggu pertumbuhan tanaman padi.  Oleh karena itu Babinsa Salamrejo (Serda Sarijan) mengajak kepada petani yang lahan padinya ditumbuhi gulma/rumput gajah untuk bersama-sama melakukan penyiangan.  Bersama petani Babinsa membersihkan rumput gajah dengan mencabut sampai ke akarnya agar tidak tumbuh lagi.  Selesai penyiangan Serda Sarijan melanjutkan pemantauan dan pengecekan irigasi yang mengaliri lahan tersebut.  Irigasi yang ada dikawasan lahan pertanian Kelompok Tani “Jelegong Kantaran” masih cukup bagus akan tetapi perlu dilakukan pembersihan agar tidak terjadi pendangkalan dan air bisa mengalir dengan lancar, tutur Serda Sarijan.

Babinsa Salamrejo menambahkan bahwa pemantauan akan terus dilakukan sampai dengan tanaman padi siap panen.   Hal ini dilakukan agar tanaman padi tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan gabah yang melimpah.   Dengan demikian kesejahteraan petani juga akan meningkat.

Informasi Prajurit