header-image

CINTAILAH SESAMA MAHKLUK

Kodim 0707/ Wonosobo·13 Jun 2017·12:24

Letkol Czi Dwi Hariyono menghadiri Sholat Tarawih berjamaah bersama dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Wonosobo, bertempat di Masjid Al-Mujahidin Polres Wonosobo, Senin (12/6) tadi malam.

Kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) Forkopinda Kabupaten Wonosobo dilaksanakan secara bergiliran, dan pada hari ke delapan belas Bulan Ramadhan 1438 H, bertindak sebagai penyelenggara adalah BRI Cabang Wonosobo.

Bertindak sebagai penceramah K.H. Maksum Dosen Unsiq Kalibeber, Wonosobo. Dalam tausiyahnya KH. Maksum mengatakan, bahwa Bulan Ramadhan adalah Bulan yang penuh rahmat, magfirah, sehingga hendaknya kita dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta memperkuat ibadah Puasa. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an tidak sekaligus sebagaimana kitab-kitab yang kita ketahui, akan tetapi sedikit demi sedikit secara berangsur-angsur, sebab ada suatu hikmah atau rahasia yang terkandung di dalamnya. Wahyu itu diturunkan pada setiap ada peristiwa atau kejadian, supaya mereka kaum muslimin bertetap hati, tidak merasa jenuh dan Nabi sering dikunjungi oleh malaikat Jibril untuk dibangun kegembiraan dan kesenangan hati.  Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari, dengan jumlah 30 jus, 114 surat dan 6.666 ayat. Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril adalah secara berangsur-angsur, sedikit demi sedikit. Kadang-kadang turun hanya terdiri dari beberapa ayat saja, dan kadang-kadang terdiri dari beberapa ayat, lima sampai sepuluh ayat bahkan ada yang hanya satu ayat. Tetapi ada pula yang sekali turun terdiri dari satu surat lengkap yaitu terdiri dari beberapa surat yang pendek, seperti Surat Al-fatihah, Surat Al-Ikhlas, Al-Alaq, dan sebagainya.
Oleh karena itu, tidaklah aneh kalau Al-Qur’an itu, sebagaimana apa yang telah kita dengar, telah dihafal oleh sejumlah besar para sahabat. Karena salah satu hikmah Al-Qur’an diturunkan berangsur-angsur  agar lebih mudah dihafal ataupun dipahami oleh umat Rasulullah SAW dikemudian hari. Tuhan menciptakan kita di dunia agar saling bermanfaat bagi orang lain. Tidak ada kitab lain yang seindah Al-qur’an pengaturannya. Al-qur’an dihafalkan berjuta umat di Dunia dari anak umur kurang dari 5 tahun sampai yang sudah tua. Al-qur’an mengajarkan kepada kita kepada untuk mengasihi dan menghargai sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Pada kegiatan Tarling tersebut Dandim didampingi oleh Bupati, Kapolres, Sekda, Pejabat Sipil, Pejabat TNI-Polri, Pimpinan Dinas Intansi, BUMN dan BUMD serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Kapolres selaku tuan rumah menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran para jamaah dan Forkopinda di Masjid Al Mujahidin Polres Wonosobo. Untuk tarling gabungan kali ini sebagai penyelenggara adalah BRI Cabang Wonosobo. Ucapan terima kasih Kapolres sampaikan kepada bapak Anton selaku Ketua panitia penyelenggara, yang sudah menyediakan segala sesuatunya.

Informasi Prajurit