header-image

DANDIM 0734/YOGYAKARTA BERIKAN WAWASAN KEPEMIMPINAN KEPADA PERWAKILAN TOKOH PEMUDA KOTA YOGYAKARTA

Kodim 0734/Yogyakarta·12 Feb 2018·09:22

Kodim 0734/Yogyakarta.com – Dalam rangka memberikan wawasan kepemimpinan kepada perwakilan Tokoh Pemuda dari berbagai kecamatan se-Yogyakarta. Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E., M.M. berikan cara pandang atau pemahaman tentang Kepemimpinan dalam kebangsaan dan aktualisasi nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

Demikian yang di sampaikan Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah saat beri materi wawasan kepemimpinan di Sanggar Kegiatan Belajar “SKB” Bantul, yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat KM 7, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

Saat memberikan meteri Wawaan kepempimpina bagi Pemuda Kota Yogyakarta tersebut Letkol Rudi Firmansyah mengatakan “Generasi Emas dan Next leader adalah adik mahasiswa saat ini yang dihitung mulai dari sekarang, sebab pada tahun 2045 nanti, para mahasiswa/mahasiswi adalah calon Kepemimpinan Nasional berstatus Pemuda saat ini dan Mahasiswa yang banyak berprestasi dari Perubahan Sosial,”kata Dandim .

Menurutnya, negara maju membutuhkan karakter kecerdasan dan tanggung jawab serta berwawasan luas yang beratika. ”Untuk itu, Mahasiswa kini dengan bonus Demografi atau bencana Demografi, haruslah dapat di kelola diri sendiri dengan baik, pada usia produktif isilah kegiatan dengan baik, jangan menjadi jadi sampah masyarakat,”ujarnya.

Dandim menjelaskan, bahwasannya penduduk dibumi sudah melebihi kapasitas, saat ini pertumbuhan penduduk dalam setiap 6 tahun sudah mencapai 6 Milyar, sedangkan kebutuhan Energi naik berkisar 41 %. Konflik Dunia mulai tahun 2013 terus terjadi dan 70 % dari konflik tersebut disebabkan oleh Energi dan tidak lama lagi akan terjadi perang Ekonomi, karena akan terjadi pergeseran dari Energi ke Hayati yang berada di Negara Ekuator dan itu ada di Indonesia.

”Untuk itu, kita harus menjaga kekayaan alam Indonesia ini. hal ini dapatlah dicegah dengan selalu menjaga sumber daya alam kita, lokasi yang paling banyak menyimpan sumber daya yaitu equator, jadi, jangan sampai ada peperangan di daerah equator karena bisa bahaya, maka dari itu kita harus menjaga equator ini semaksimal mungkin,”jelasnya.

Letkol Rudi Firmansyah menambahkan sebagian dari kehidupan kita (manusia) adalah berbangsa dan bernegara. Untuk itu, kita harus sama sama perhatikan dalam pembekalan terkait dengan Tiga Pilar ini.

“Jadi, hendaknya kita sama-sama bergandeng tangan untuk memantapkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme kita untuk mewujudkan kerukunan guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini,”pungkasnya.

Informasi Prajurit