header-image

DANDIM AJAK PEMUDA IKUT BELA NEGARA

Kodim 0707/ Wonosobo·28 Nov 2017·10:17

Pelatihan kepemimpinan kepada generasi muda sangatlah penting dilakukan karena pemuda merupakan calon pemimpin dimasa yang akan datang. Dan itu merupakan tanggung jawab semua komponen bangsa.  Dalam menyiapkan pemimpin yang bisa diandalkan dimasa yang akan datang tersebut dilaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda kepada organisasi Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) selama 2 hari bertempat di Tamziz Center. (26/11)

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagyo Msi.  Dalam sambutannya Wakil Bupati mengajak kepada para pemuda agar selalu belajar dengan sungguh – sungguh, karena dengan belajar tersebut akan mendapatkan ilmu yang bisa digunakan pada saatnya nanti disaat dewasa.  Apalagi tantangan kedepan tugas yang diemban dalam membangun negeri ini tidak semakin ringan akan tetapi semakin berat. Untuk itu sebagai pemuda calon pemimpin bangsa harus giat dan semangat dalam belajar seperti saat ini ikut dalam pelatihan kepemimpinan. Semua akan menjadi pemimpin. Minimal memimpin diri sendiri.

Letkol Czi Dwi Hariyono selaku salah satu pemateri memberikan materi Bela Negara.  Ini sangat penting.  Karena saat ini Bangsa Indonesia dalam kondisi yang memperihatinkan.  Salah satunya adalah bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang dijajah akan tetapi kita tidak merasakannya, karena penjajahan saat ini berbeda dengan jaman dahulu.  Saat ini yang dijajah melalui idiologi, politik, ekonomi, sosial dan budayanya.

Bidang idiologi saat ini banyak kelompok yang ingin merubah Pancasila.  Padahal Pancasila merupakan satu satunya alat yang bisa menyatukan negeri ini.  Banyak negara yang saat ini sedang belajar mengenai Pancasila, mereka mengkaji dengan sungguh – sungguh tentang nilai – nilai yang terkadung didalamnya dan akan diterapkan di negeranya kelak. Akan tetapi di Indonesia sendiri saat ini ada kelompok – kelompok tertentu yang ingin merubahnya.  Mereka tidak faham bagaimana para pendiri negeri ini menggali, menciptakan Pacasila.

Politik saat ini di negeri Indonesia begitu memperihatinkan.  Politik bisa dibeli dengan uang, korupsi mereja lela dimana – mana. Hal ini dibuktikan masih ditemukannya para wakil rakyat yang terjerat dan tertangkap oleh KPK.  Dan masih banyak lagi permasalahan yang melanda negeri ini.

Untuk itu sebagai generasi muda kita harus bisa membela negeri ini, kita mulai dari diri kita sendiri dengan cara selalu berbuat yang terbaik untuk negeri ini.  Seperti saat ini ikut pelatihan kepemimpinan kepada para pemuda merupakan salah satu cara membela negara.  Dengan ikut pelatihan kepemimpinan maka sedikit banyak akan menambah wawasan sehingga minimal kelak bisa memimpin diri sendiri.  Jika itu terjadi maka akan berpengaruh kepada bangsa Indonesia.

Informasi Prajurit