header-image

DANDIM AJAK SANTRI BELA NEGARA

Kodim 0707/ Wonosobo·08 Jan 2018·14:16

Dengan derasnya era globalisasi cukup berpengaruh terhadap kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Hal ini bisa kita lihat bahwa ada sekelompok orang yang ingin memisahkan diri dari NKRI.  Mereka ingin mendirikan negara sendiri.  Hal ini disampaikan oleh Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, SE di Majelis Taklim Nurul Mustofa Manggiasan Mojotengah pimpinan KH Habib Tohir.

 

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa berdirinya NKRI  yang berdasarkan Pancasila merupakan ijtihat para ulama jaman dahulu.  Melalui proses yang panjang dan diskusi para ulama akhirnya disepakati bahwa yang menjadi dasar negara adalah Pancasila.  Kita akui bersama bahwa sebagian masyarakat Indonesia adalah beragama Islam, akan tetapi para ulama melihat adanya orang yang beragama selain Islam di Indonesia.  Untuk menjaga agar tidak terjadi gejolak maka dasar negara tidak menggunakan hukum Islam akan tetapi berdasarkan Pancasila.

Dengan dasar Pancasila tersebut sampai saat ini tidak terjadi adanya peperangan antar etnis di Indonesia. Kalaupun ada hanya sekala kecil dan bukan untuk memisahkan diri dari NKRI.

Kita harus bangga karena dasar Pancasila saat ini mulai dipelajari oleh negara – negara lain diluar sana.  Bahkan beberapa negara Islam mulai mempelajari Pancasila.  Mereka salut dengan Dasar tersebut ternyata stabilitas nasional tetap terjaga.  Hal ini disebabkan semua etnis atau golongan merasa terakomodir.

Jadi apabila ada kelompok yang ingin merubah Idiologi Pancasila perlu dipertanyakan.  Apakah dia tidak tahu akan nilai – nilai yang terkandung dalam butir – butir Pancasila atau dia mempunyai ambisi tertentu. Bahkan yang lebih parah lagi adalah kalau dia merupakan agen dari pihak luar.

Nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sudah sesuai dengan Al Quran seperti sila pertama ketuhanan yang maha esa itu sudah ada dalam Al Quran  surat Al Ikhlas,  sampai dengan sila kelima yang berisikan tentang keadilan sosial, Islam pun mengajarkan tentang keadilan sosial yang diwujudkan melalui pemberian zakat.  Jadi kalau saat ini masih ada yang mempertentangkan masalah pancasila maka kita wajib hukumnya untuk mewaspadai.

Letkol Czi Fadli, SE mengajak para santri dan jamaah agar selalu menjaga NKRI dari rongrongan  pihak manapun. Sebab jaman dahulu para santri bersama elemen rakyat yang lain ikut bersama – sama merebut kemerdekaan Indonesia, sehingga saat ini satri harus ikut juga menjaga NKRI

Informasi Prajurit