header-image

Dandim Temanggung Beri Pedoman Pancasila Pada Siswa

Kodim 0706/Temanggung·10 Jun 2017·13:08

TEMANGGUNG –  Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2017 lalu, Komando Distrik Militer (Kodim) 0706/Temanggung menggelar Pekan Pancasila di Aula SMK N Pringsurat ds. Pingit Kec. Prinsurat Kab. Temanggung Jum,at (9/6/2017).

Dandim 0706/Temanggung Letkol Arm Yusuf Setiaji Msi, Han mengatakan, dilaksanakannya kegiatan Pekan Pancasila ini ada nilai tambah tentang pemahaman Pancasila kepada kita semua dan generasi muda khususnya.

“Pekan Pancasila ini untuk memahami pengamalan materi materi tentang pedoman pengamalan Pancasila dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari,” ujarnya.

Dandim juga menyampaikan kondisi wilayah agar anak-anak waspada dengan hal-hal yang dapat mengancam, seperti ancaman terorisme, penyalahgunaan medsos dan berita yang memprovokasi,

“Mari kita berjuang dan bergotong royong mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang, karena saya Indonesia, saya Pancasila,” tegas Dandim.

Kita sebagai warga negara walaupun berbeda beda tetapi kita tetap Indonesia dan di negara kita ada beberapa keyakinan beragama, suku, bahasa oleh karena itu kita harus selalu toleransi sesama umat beragama.

Dalam kehidupan beragama kita tidak boleh diskusi mauapun debat tentang agama maupun keyakinan karena akan menimbulkan perpecahan dalam bermasyarakat, dibenak pikiran kita jangan sampai terlintas untuk saling bertengkar dan jangan mau di adu domba karena apabila kita mudah diadu domba negara ini akan terpecah belah oleh sebab itu kita sebagai anak bangsa dan sebagai generasi penerus cita cita para pendiri bangsa harus tetap jaga persatuan dan kesatuan demi kutuhan NKRI.

Kita harus selalu menerima akan perbedaan yang ada didiri kita dan mempunyai rasa bahwa dengan adanya perbedaan akan menjadi suatu persatuan dan kesatuan Republi Indonesia, saya selaku Dandim berharap Semoga dalam pembekalan tentang wawasan kebangsaan akan menimbulkan rasa cinta tanah air,rasa mempertahankan,rasa memiliki demi keutuhan NKRI.

Informasi Prajurit