header-image

Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Terus Dampingi Petani

Kodim 0705/Magelang·07 Dec 2017·10:04

Babinsa Banyubiru Serda Widiyanto anggota Koramil 15 Dukun Kodim 0705/Magelang melaksanakan pendampingan penyiapan benih padi yang akan ditanam dilahan seluas 0,2 hektar milik Nurhamim anggota kelompok tani Ngudi Rahayu Desa Banyubiru Kecamatan Dukun, rabu (06/12).

Pendampingan yang dilaksankan oleh babinsa merupakan wujud kedekatan aparat komando kewilayahan terhadap kesulitan warga desa binaannya, Disamping itu pendampingan yang dilaksanakan ini merupakan perintah dari atasan khususnya TNI-AD untuk menyukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan terutama padi, jagung dan kedelai.

Untuk mendapatkan hasil panen padi yang bagus para petani harus mempersiapkan pola tanam sesuai anjuran dari dinas pertanian mulai dari penyiapan lahan,penyiapan benih,sistem tanam,perawatan tanaman hingga pada saat memasuki masa panen. peran aktif babinsa dan PPL disini sangat penting untuk mendukung program tersebut babinsa PPL desa selalu rajin memberikan penyuluhan dan pelatihan agar swasembada pangan bisa cepat tercapai.

Para petani sebenarnya sudah paham betul cara mengolah lahan dan perrawatan tanaman hanya terkadang petani masih mempergunakan cara – cara tradisional untuk merawat tanamannya, untuk itu pemberian penyuluhan dan praktek langsung dilapangan sangat penting agar petani bisa mendap[atkan hasil panen padi yang bagus serta untuk menghindari gagal panen kata babinsa disela – sela pendampingan penyiapan lahan.

Pada kesempatan tersebut bapak Nurhamim mengucapkan banyak terima kasih kepada babinsa dan PPL yang sudah memberikan penyuluhan semoga setelah mengikuti petunjuk dan arahan petugas terkait hasil panen padi semakin baik, harapan kami dari para petani semoga kerja sama ini terus berlanjut agar petani bisa paham betul tentang bercococok tanam yang benar sehingga kedepan kehidupan para petani semakin sejahtera.

Kapten Inf. Rahayu selaku Komandan Koramil 15/Dukun pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa babinsa harus selalu rajin terjun ke lapangan untuk membantu mengatasi kesulitan warga desa binaannya.

“Saya perintahkan babinsa agar rajin membantu kesulitan warga desa binaanya mulai dari keamanan, bencana, pendampingan pajale maupun masalah sosial kemasyarakatan lainnya, sebagai pedoman untuk menjalankan tugas tersebut babinsa harus memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI ” ujar Rahayu

Informasi Prajurit