header-image

EKSPEDISI BUKIT BATU LIK – LIK SIKUNANG

Kodim 0707/ Wonosobo·09 Jun 2017·09:19

Keindahan bumi wonosobo bila digali dan dikembangkan dengan baik tidak akan pernah habis. Tiap daerah mempunyai keindahan dan keunikan sendiri – sendiri. Apalagi didukung dengan masyarakat yang begitu ramah terhadap semua tamu yang berkunjung disana. Ditambah lagi dengan kuliner yang menggoda setiap penunjung yang datang sudah lengkap sudah wisata di Wonosobo akan tetapi saat ini wisata yang ada belum tergarap dengan baik sehingga potensi tersebut belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Melihat peluang tersebut anggota kodim dan Koramil Kejajar berupaya mengajak masyarakat desa Sikunang untuk memanfaatkan keindahan bukit batu purba Lik – Lik yang ada diwilayahnya.  Dibawah pimpinan Kapten Chb Mariyanto Danramil Kejajar didampingi kepala dusun Ngandam Sikunang berupaya melihat langsung keindahan alam bukit batu purba Lik-lik.

Kapten Mariyanto terpesona melihat keindahan alam yang ada disana, udara begitu sejuk banyak lokasi yang bisa dijadikan untuk foto. Ini kalau dikelola dengan baik maka tidak kalah dengan Bukit Sikunir yang ada di Desa Sembungan.  Hal ini disebabkan karena jalan yang dilalui sudah dekat dengan Bukit Sikunir.  Danramil akan berupaya ikut membantu kepada kelompok sadar wisata desa Sikunang agar bisa memanfaatkan potensi yang ada ini menjadi primadona wisata setelah Sikunir.  Keuntungan dan Bukit Lik-lik adalah akes jalan sudah bagus lebih dekat dari pada bukit sikunir yang ada disembungan.

Kadus Ngandam Sikunang Ahmad Basir menyampaikan bahwa salah satu obyek yang bisa dionjolkan adalah adanya lereng bukit berupa batu purba dengan ketinggian kurang lebih 85 M.  Ini sangat baik sekali untuk digunakan sebagai tempat panjat tebing.  Disamping keindahan alam yang begitu mempesona dibawah pohon pinus disana banyak goa – goa. Goa – goa yang ada disana sebagian sudah diberi nama seperti goa Pertapa. Goa tersebut dulu sering digunakan semedi orang yang mempunyai hajat pada jaman Kerajaan Mataram Kuno.

Ada batu Lampor. Menurut Ahmad Basir dulu kala ada orang yang mencari kayu bakar dibawa Lampor ke bawah bukit.  Bukit Batu Lik – Lik terletak di perbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, hanya dibatasi oleh sungai Tulis. Lokasi Bukit Batu Lik – Lik terletak antara Sikunang dengan Dusun Ngandam.

Informasi Prajurit