header-image

Festival dan Kontes Burung Berkicau “DANDIM CUP 2018”

Kodim 0734/Yogyakarta·08 Jan 2018·10:33

Festival dan Kontes Burung Berkicau kali ini, Minggu 07 Januari 2018, menghadirkan 28 kategori. Berbagai macam jenis burung berkicau menjadi peserta seperti Love Bird, Murai, Anis, Kacer, Konin, Ciblek, Cucak Ijo, Kenari bahkan Trucuk juga ada. Untuk hadiah tertinggi Rp 2,5 juta diberikan kepada sang pemenang dikategori Murai Batu dan Love Bird yang memperebutkan Piala Dandim.

Lomba yang diawali pagi hingga malam tersebut sangatlah ramai namun berjalan dengan tertib. Dandim 0734/Yogyakarta menjelaskan bahwa dirinya menjamin lomba akan berjalan adil. Meski diakuinya selama beberapa even sejenis di lokasi lain tidak menutup kemungkinan permainan curang masih sering ditemui.

“Tapi di sini saya jamin tidak terjadi. Kalau sampai ada akan ada penindakan tegas,” tegas dia.

Menggelar lomba di awal tahun bukannya tanpa alasan. Rudi (panggilan Dandim Jogja) yang  mengaku juga sebagai seorang Kicau Mania tersebut menjelaskan bahwa lomba kali ini merupakan rintisan lomba-lomba dengan skala lebih besar untuk selanjutnya.

“Ada keinginan dari kami ini akan digelar rutin. Saat ini mungkin baru sebatas tingkat DIY saja tapi kedepannya akan dikembangkan sampai Jateng bahkan tingkat nasional,” ungkapnya usai melakukan penggantangan sangkar burung secara simbolis saat membuka lomba.

Dan pada akhir lomba B90 SF dan Walet BC dinobatkan sebagai juara umum.

Informasi Prajurit