header-image

Hujan Lebat Akibatkan Tanah Longsor

Kodim 0705/Magelang·15 Nov 2017·09:29

Sawangan—Anggota Koramil 12 Sawangan Kodim 0705/Magelang Serka Antonius dan Sertu Guntur bersama masyarakat, relawan guruh merapi dan appemdes Ketep serta BPBD bergotong royong membersihkan matreal longsor yang terjadi di beberapa titik yang sebagian menutup akses jalan , Selasa (14/11).

Sebelumnya sekitar pukul 22.00 Wib hari senin (13/11) tebing dengan tinggi 20 m dan panjang 7 m di Dususn Ketep Desa Ketep Kecamatan Sawangan sudah terlihat mulai retak bongkahan tanahnya, dikarenakan keadaan tanahnya yang labil sehingga menggakibatkan tanah longsor dan menimpa sawah warga. Warga masyarakat Dusun ketep,

Sehari berikutnya tepatnya selasa (14/11) dini hari sekira pukul 02.00 Wib masih di Desa yang sama juga terjadi tanah longsor dengan ketinggian 20 meter dan panjang  7 meter serta ketebalan 75 cm yang menimpa sawah milik Muhtarom, dan juga terjadi tanah longsor di Dusun Garon Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan T 10 m P 6 m ketebalan 50 cm yang mengakibatkan tertutupnya badan jalan sehingga akses jalan dari Dusun Garon Desa Banyuroto menuju Dusun Suwanting  tidak dapat dilewati.

Danramil 12 Sawangan Kapten Inf Mudjtahidin menyampaikan, wilayah territorial Koramil Sawangan banyak yang rawan bencana longsor terutama dimusim penghujan, hal ini disebabkan kondisi geografisnya yang berbukit bukit serta kontur tanahnya yang labil.

“Saya selalu menekankan kepada seluruh anggota agar lebih mengintensifkan pemantauan di wilayah dengan selalu menjalin komunikasi dengan fihak BPBD serta relawan yang ada di Kecamatan Sawangan, hal ini untuk mengantisipasi adanya bencana alam yang kapan saja bisa terjadi di wilayah Sawangan” tuturnya.

Sementara itu babinsa Ketep Sertu Guntur mengatakan, “Akses jln Dsn Ketep menuju Desa Ketep sementara ditutup untuk kendaraan roda 4 atau lebih, untuk korban jiwa tidak ada namun warga yang sawahnya tertimbun matreal longsor merugi hingga jutaan rupiah” ungkapnya.(Hbg)

Informasi Prajurit