header-image

IBU KETUA PERSIT KCK KOORCAB REM 072 PD IV/DIP TINJAU PEMERIKSAAN IVA

KOREM 072/PMK,Persit KCK Koorcab Rem 072/PMK·26 Apr 2017·10:25

Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/ Diponegoro melaksanakan Pemeriksaan IVA serentak dalam rangka peringatan hari Kartini di Rumah Sakit Dr Soetarto Yogyakarta, Selasa (25/04).

Tujuan pemeriksaan IVA Untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim. Adapun Keuntungannya dibandingkan tes-tes diagnosa lainnya adalah : Mudah, praktis, mampu laksana Dapat dilaksanakan oleh seluruh tenaga kesehatan Alat-alat yang dibutuhkan sederhana Sesuai untuk pusat pelayanan sederhana.

Dalam kesempatan itu pula Ibu Ketua Persit Koorcab Rem 072 PD IV/ Diponegoro Ny Esmu Fajar Setyawan di damping Wakil dan Pengurus meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan IVA di ruang pemeriksaan dengan menerima penjelasan dr Dokter.

Ketua Persit Koorcab Rem 072 PD IV/ Diponegoro Ny. Esmu Fajar Setyawan menyampaikan IVA  ( Inspeksi Visual Asam asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim ( serviks ) dengan cara melihat langsung ( dengan mata telanjang ) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sapai dengan 5%,Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatife dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi. Pada pemeriksaan ini, pemeriksaan dilakukan dengan cara melihat serviks yang telah diberi asam asetat 3-5% secara inspekulo. Setelah serviks diulas dengan asam asetat, akan terjadi perubahan warna pada serviks yang dapat diamati secara langsung dan dapat dibaca sebagai normal atau abnormal. Dibutuhkan waktu satu sampai dua menit untuk dapat melihat perubahan-perubahan pada jaringan epitel.

Informasi Prajurit