header-image

Jagung Jadi Alternatif Unggulan Saat Musim Kemarau

Kodim 0705/Magelang·13 Oct 2017·10:50

Anggota Koramil 06 Grabag Kodim 0705/Magelang Serka Sukoliq membantu pemupukan tanaman jagung milik Atik (43) di Dusun Klenteng Desa Losari Kecamatan Grabag, Kamis (12/10).

Kegiatan pendampingan yang di lakukan oleh Serka Sukolik merupakan kegiatan rutin dalam rangka upaya kusus untuk mendukung suksesnya program swasembada pangan nasional.

Tanaman jagung jenis hibrida pioner merupakan salah satu tanaman unggulan para petani di wilayah grabag terutama sat musimkemarau. Lahan seluas 530 meter milik Atik merupakan satu dari sekian banyak lahan yang ada di wilayah grabag yang di tanami jagung sebagai tanaman alternatif saat musim kemarau.

“Saat ini dimana hujan mulai turun adalah momen yang tepat untuk melakukan pemupukan, karena pupuk yang di tebar akan cepat terurai oleh air hujan dan di serap oleh akar pohon sehingga tanaman jagung menjadi subur” kata Sukoliq.

Sukoliq menambahkan, sebelumnya telah di lakukan penyiangan terlebih dahulu atau di dangirĀ  agar tanaman gulma mati dan pupuk terserap maksimal hanya oleh tanaman jagung.

Sementara itu Atik sangat berterimakasih karena dengan adanya pendampingan yang di lakukan oleh babinsa ia sebagai petani kecil merasa diperhatikan dan sangat terbantu.

“Terimakasih kepada bapak babinsa yang mau turun langsung kesawah membantu kami para petani” kata Atik.

Informasi Prajurit