header-image

KERJA SAMA YANG BAIK DAN KESOLIDAN ADALAH MODAL UTAMA DALAM PENANGANAN SEBUAH BENCANA

Kodim 0732/Sleman·14 Feb 2018·09:26

Dalam rangka menghadapi datangnya musim penghujan yang cukup ektrim karena dibarengi dengan angin kencang dan sambaran petir, maka pada hari Senin, 13 Februari 2018 di Balai Desa Bimomartani Kasi Trantib Kec. Ngemplak Bpk. Soetarto selaku Ketua Unit Ops Gul Bencal Kec. Ngemplak menyelenggarakan Rakor Penanganan Bencal di wilayah Kec. Ngemplak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Ops BPBD Kab. Sleman, Kasi Trantib Kec. Ngemplak, Anggota Koramil Ngemplak, Anggota Polsek Ngemplak dan Kader-Kader Kebencanaan dari masing Desa. Adapun agendanya adalah penyampaian SOP, Geladi Lapang dalam Penanganan Bencal.

Tujuan dari penyelenggaraan Rakor ini adalah sebagai langkah awal menyiapkan personel yang membidangi kebencanaan yang tergabung dalam Unit Lak PB dari masing-masing Desa se-Kec. Ngemplak. Sekaligus sebagai penyegaran dalam penanganan bencana alam sesuai dengan SOP yang sudah dibuat.

Koramil 07/Ngp sesuai tugas pokoknya dalam bidang OMSP, ikut membantu dan mendukung program ini, karena kegiatan ini misi kemanusiaan yang berdampak dalam pembinaan kewilayahan khususnya masalah ketahanan nasional. Sehingga setelah kegiatan ini diharapkan semu personel tidak panik dan gopoh dalam penanganan bencana.

Dari seluruh rangkaian kegiatan kemudian dapat disimpulkan bahwa dalam penanganan kebencanaan dibutuhkan kerja sama dan kesolidan antar lembaga baik dari Pemda, TNI, Polri maupun para Relawan, sehingga pelaksanaan dilapangan tidak terjadi tumpang tindih tugas, semua unit bertindak sesuai dengan Tupoksi masing-masing. Dan intinya dari penanganan bencana untuk mengurangi resiko korban dapat tercapai.

Informasi Prajurit