header-image

Kodim 0708/Purworejo Gelar Upacara Hari Pahlawan

Kodim 0708/Purworejo·10 Nov 2017·11:30

Komando Distrik Militer (Kodim) 0708 Purworejo gelar upacara Hari Pahlawan yang diselenggarakan di halaman Makodim Jum’at (10/11) Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim 0708 Purworejo Mayor Infanteri Sulistyono dan Komanda Upacara Kapten Infanteri Sinar Priwoko Danramil 03/Kaligesing.

Upacara ini dimaksudkan untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarah-nya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Upacara ini diikuti oleh Kepala Staf Kodim 0708/Purworejo Mayor Infanteri Sulistiyono, para Perwira Staf. para Danramil dan anggota prajurit TNI dan PNS Kodim 0708/Purworejo serta Satuan Dinas Jawatan yang ada di wilayah Garnizun Purworejo.

Informasi Prajurit