header-image

Kodim 0731/Kulonprogo Bantu Evakuasi Korban Tanah Longsor Girimulyo

Kodim 0731/Kulon Progo·01 Dec 2017·15:05

(Wates, 30/11/17).   Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kulon Progo dan sekitarnya pada Hari Selasa malam sekitar pukul 24.00 WIB mengakibatkan bencana tanah longsor yang menimpa rumah keluarga  Bapak Daladi. Rumah yang dihuni 4 orang tersebut nyaris tidak kelihatan akibat penuh  timbunan lumpur, 2 orang bisa terselamatkan yakni Istri bapak Daladi dan putri menantunya, namun bapak Daladi dan putranya belum bisa ditemukan.

Pencarian korban bencana tanah longsor di Pedukuhan Ngroto, Pendoworejo, Girimulyo, dilanjutkan hari ini. Bersama seluruh komponen masyarakat Anggota TNI Kodim 0731/Kulon Progo, Polres Kulon Progo, Badan SAR, Tagana dan Kokam. Mereka saling bahu membahu tanpa kenal lelah melaksanakan pencarian korban.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Bapak Daladi (63 th) ditemukan dalam keadaan meninggal dalam posisi tertimpa reruntuhan dinding rumah yang bercampur dengan lumpur. Berikutnya tidak jauh dari lokasi Bapak Daladi ditemukan putranya Heris Siswadi (30 Th) juga dalam kondisi sudah meninggal dunia. Kedua jenasah tersebut akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY menggunakan Ambulan PMI untuk dilakukan autopsi.

Setelah penemuan jenasah, proses pembersihan tanah longsor yang menutup jalan dilakukan menggunakan alat berat yakni dengan Exscavator dan Doser. Akibat kejadian ini jalan Pendoworejo-Purwosari terputus total.

Anggota TNI dan Polri masih masih berada di lokasi, bersama dengan  warga masyarakat dan komponen lainnya bekerja membersihkan puing-puing sisa reruntuhan. Dan sebagian lagi melaksanakan stan by sesuai dengan Perintah Lisan Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman pada tanggal 29 Nopember 2017 bahwa seluruh Anggota Kodim agar melaksanakan siaga dalam menghadapi bencana alam. Tiap wilayah kecamatan agar didirikan posko siaga bencal, diharapkan posko ini selalu siap, tanggap dan mampu bergerak cepat mengatasi masalah yang terjadi akibat bencana alam.

Informasi Prajurit