header-image

KODIM 0734/YOGYAKARTA TERIMA “SOSIALISASI SERBUAN MEDIA SOSIAL” DARI PENREM 072/PMK

Kodim 0734/Yogyakarta·15 Nov 2017·11:39

Kodim 0734/Yogyakarta – Mulai pukul 08.45 s/d 10.30 wib, bertempat di Aula Kodim 0734/Yogyakarta, telah dilangsungkan Sosialisasi Serbuan Media Sosial dari Penerangan Korem 072/Pamungkas, pada jajaran Kodim 0734/Yogyakarta. Senin (13/11) pagi.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini antara lain,. Mayor Inf Ambar Tjahyana S.Ag (Danramil 03/Gondokusuman). Mayor Inf Darojat, S.Ag (Pasi Ren Prog Korem 072/ Pmk). Danramil dan Pa Staf Kodim 0734/Yogyakarta. Anggota Militer dan ASN Kodim 0734/Yogyakarta. Perwakilan Ibu Persit Kodim 0734/Yogyakarta.

Dalam Sambutanya Mayor Inf Ambar Tjahyana yang juga mewakili Dandim, mengatakan sangat berterimakasih atas kedatangan tim dari Penerangan Korem 072 dalam menyabarkan dan memaparkan tentang dunia media sosial (medsos).

Sehingga kita nanti akan bijak dalam menggunakan dan menerima berita dari medsos. Terlebih saat ini sangat tipis sekali perbedaan apakah sebuah berita tersebut hoax atau benar.

Di tempat yang sama Danrem 072/ Pmk yang diwakilkan oleh Mayor Inf Darojat, S.Ag (Pasi Ren Prog Korem 072/ Pmk), Mengucapkan terima kasih kepada anggota Kodim 0734/Yogyakarta yang hadir mengikuti kegiatan “Sosialisasi Serbuan Media Sosial Bagi anggota Kodim 0734/Yogyakarta dan Jajaran”

Perlu kita pahami bersama, bahwa kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan ini merupakan upaya untuk membekali para Prajurit dan ASN Kodim 0734/Yogyakarta dan jajaran tentang pentingnya pemahaman Serbuan Media. Zaman sudah semakin cepat berubah, keberadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari hidup keseharian dimasyarakat. Seiring dengan kemajuan TIK itu pula, maka aplikasi turunannya juga berkembang dengan pesat, salah satunya adalah media sosial.

Melalui media secara digital ini interaksi sosial semakin mudah dengan tidak berbentur jarak dan waktu.

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat.  Jika dulu internet menjadi sesuatu yang susah, kini untuk mengakses internet sudah begitu mudah. Bahkan, internet pelan-pelan telah mengurangi kebiasaan masyarakat dalam menonton televisi. Kemunculan media sosial, memberikan daya tarik tersendiri bagi semua elemen masyarakat.

Melalui media sosial, seseorang tidak hanya bisa mengakses informasi, tapi juga berinteraksi dengan siapa saja. Dan terbukti, pengguna internet dan media sosial di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Untuk itu sebagai prajurit dan ASN kita harus pandai dalam menyikapi berita-berita yang berkembang di media sosial. Apalagl  saat sekarang ini sedang marak diberitakan tentang berita-berita hoax. Kita pertu memiliki sikap yang benar ketika berinteraksi dengan Medsos dalam rangka meminimalisir dampak negatif dari Medsos itu sendiri.” Jelas Mayor Inf Darojat, S.Ag.

Tak jarang kita jumpai berita berita yang bertujuan untuk mendapatkan respon di dunia maya dengan melakukan provokasi bahkan berita palsu atau hoax dijadikan trending topik. Selain itu banyak berita-berita yang masih simpang siur atau sengaja dipelintir oleh oknum untuk membentuk opini masyarakat yang sekarang sering terjadi.

Kita harus benar-benar bisa memilah dan memilih mana berita yang benar dan akurat. Sehingga diharapkan kita tidak akan terprovokasi dengan adanya berita-berita hoax yang beredar di medsos saat ini. Pimpinan dan Komando atas tidak akan pernah bosan untuk selalu mengingatkan kepada seluruh prajurit, ASN dan keluarganya akan bahaya dari gencarnya media sosial yang sedang marak akhir-akhir ini.

Tujuannya untuk membuat kegaduhan atau ketidak tenangan di masyarakat. Tanpa kita sadari, media sosial bisa membuat perpecahan. Karena berita yang ada di media sosial itu, kita tidak tahu benar atau salah, makanya sebaiknya kita bisa menyaring segala informasi yang ada dan kita gunakan serbuan media sosial dengan tindakan yang positif dan tepat, untuk meningkatkan citra positif TNI-AD khususnya Kodim 0734/Yogyakarta.

Informasi Prajurit