header-image

KODIM KULON PROGO KARYA BHAKTI BENDUNG TANGGUL SUNGAI JEBOL

Kodim 0731/Kulon Progo·09 Jan 2018·10:38

Personel Kodim 0731/Kulon Progo dikerahkan ke Desa Gulurejo, yang berada di wilayah Koramil 08/Lendah, untuk melaksanakan karya bhakti membendung Tanggul Jimbangan yang jebol akibat banjir.   Tanggul Jimbangan terletak di Pedukuhan Klipuh, Gulurejo, Lendah, Kulon Progo, Yogyakarta.

Karya Bhakti Kodim 0731/Kulon Progo bersama dengan masyarakat yang berjumlah ratusan orang ini, sasarannya adalah memperbaiki tanggul yang jebol sepanjang 20 meter, akibat terkena banjir pada saat terjadi Siklus Cempaka Bulan November 2017.   Pembendungan tanggul jebol ini dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan karung yang diisi tanah, kemudian disusun diletakkan ditanggul yang jebol sampai beberapa tingkat.

Tanggul Jimbangan yang jebol ini mengakibatkan puluhan hektar sawah di wilayah Gulurejo, Lendah, Kulon Progo tergenang air, kata Danamil 08/Lendah (Kapten Inf Nar Sutrisno).  Pembendungan/pembenahan tanggul ini bertujuan agar apabila terjadi banjir, paling tidak dapat mungurangi sawah tergenang air.   Danramil menambahkan bahwa karya bhakti ini merupakan bentuk kepedulian dan pengabdian TNI dalam hal ini Kodim 0731/Kulon Progo kepada masyarakat yang mempunyai sawah di wilauah itu.

Dengan kerjasama yang baik antara personel Kodim 0731/Kulon Progo dan masyarakat, tanggul Jimbangan yang jebol dapat tertutup dengan tumpukan karung yang berisi tanah.

Informasi Prajurit