header-image

Kodim Magelang Kembali Bantu Jamban Untuk Warga Tidak Mampu

Kodim 0705/Magelang·04 Dec 2017·09:58

Babinsa Koramil 22 Tempuran Kodim 0705/Magelang, Serma Kozin membantu pelaksanaan pembuatan jambanj bagi warga kurang mampu di Dusun Beji Kidul, Desa Girirejo, Tempuran,  Minggu (03/12).

Sutrisno (48), warga Dusun Beji Kidul, Desa Girirejo,. Tempuran yang sehari harinya sebagai buruh, merupakan salah satu warga yang menerima bantuan jamban dari Kodim 0705/Magelang melalui Koramil 22 Tempuran.,

Sebelum dilaksanakan pembuatan jamban, terlebih dahulu dilaukan pendataan oleh babinsa besrama perangkat desa. Hal itu dilakukan supaya program ke depan bisa terarah dan terukur dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Ditempat terpisah, Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Inf Hendra Purwanasari mengatakan, program jambanisasi tersebut merupakan kepedulian serta keikutsertaan TNI dalam program kesehatan masyarakat, salah satunya dengan menyediakan tempat buang air besar ( BAB ) yang layak bagi masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kabupaten Magelang. “Ini bentuk kepedulian Kodim 0705/Magelang bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Magelang dan segenap komponen masyarakat yang ada diwilayah Kabupaten Magelang,” jelasnya.

Hendra  berharap, setelah tersedianya jamban dapat mengurangi kebiasaan BAB sembarangan yang menjadi sumber bibit dari segala penyakit. Serta program ini juga untuk membantu pemerintah daerah dalam bidang kesehatan.

Kodim 0705/Magelang memberikan bantuan berupa pembangunan 50 unit jamban kepada warga kurang mampu yang tersebar di wilayah Kodim 0705/Magelang. Sedangkan sumber dana yang digunakan merupakan dana bantuan / hibah dari Propinsi Jawa Tengah melalui Kodam IV/Diponegoro.

Sebagai penerima bantuan, Sutrisno sangat merasa senang dan bahagia. Dengan dibuatkan jamban, Sutrisno dan keluarga  bisa mulai belajar hidup sehat setelah memiliki jamban sehat. (hbg)

Informasi Prajurit