header-image

Koramil 15/Klirong Gelorakan Tanam 1000 pohon

Kodim 0709/Kebumen·25 Jan 2018·12:17

Para Babinsa Koramil 15/Klirong dipimpin Serma Bambang HP. melaksanakan kegiatan aksi tanam 1000 pohon Mahoni bersama – sama warga Desa Wotbuono Kec Klirong, Rabu (24/01/18).

Penghijauan ini dilakukan atas kerjasama Koramil 15/Klirong, para Mahasiswa IAINU dan warga Desa Wotbuwono dalam rangka menciptakan iklim udara segar dan sejuk untuk generasi masyarakat dimasa datang serta menciptakan Wotbuwono yang bersih dan asri.

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Muspika Kec Klirong, UPT Distapang Kec. Klirong, Kades beserta perangkatnya, para Mahasiswa IAINU, sejumlah Banser dan warga Desa Wotbuwono.

Dalam keterangannya yang disampaikan Serma Bambang mengatakan “Pentingnya sabuk hijau adalah untuk menjaga kawasan dimana pertanian, kehutanan dan kawasan terbuka hijau untuk tetap membentang. Tujuan mendasar dari kebijakan sabuk hijau adalah untuk mencegah meledaknya urbanisasi dengan menjaga lahan terbuka secara permanen, dan oleh karena itu atribut yang paling penting dari sabuk hijau adalah keterbukaan mereka. Dari pengertian tersebut, kita bisa mengetahui tujuan dari gerakan penghijauan. Harapan kedepan kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Kami mengajak kepada masyarakat agar melakukan penghijauan secara berkesinambungan dan harus yakin bahwa kegiatan ini membawa dampak positif. Peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dirawat dan dipelihara.

Mengingat anak dan cucu kita juga perlu dan berhak atas udara segar untuk bernafas, tanah yang subur untuk bercocok tanam, air jernih untuk sumber kehidupan, dan kondisi sosial budaya yang layak untuk hidup. Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan penghijauan seperti yang hari ini dilaksanakan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana.

Semoga pelaksanaan pengembangan sabuk hijau pada hari ini sukses demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang. Kodim 0709/kebumen mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas dukungan semua pihak demi lancarnya kegiatan penghijauan ini.

Informasi Prajurit