header-image

Koramil Patuk Bantu Dua Desa Lakukan Penghijauan

Kodim 0730/Gunung Kidul·02 Feb 2016·10:19

5
Koramil 03/Patuk melakukan penghijauan lingkungan dengan penanaman pohon sebanyak ribuan bibit berbagai jenis. Penghijauan dipusatkan di dua desa yang ada dikecamatan Patuk, dalam rangka untuk mencegah adanya longsor. Diharapkan adanya bibit kedepan dapat dijadikan tempat wisata.
Danramil 03/Patuk, Kapten Inf Indro setyobudi mengatakan, kegiatan yang bekerjasama dengan BP DAS JOGJA ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan, mengingat di dua desa Nglangeran dan Ngoro-oro rawan akan terjadinya bencana.
“Mengingat bencana longsor memang rawan terjadi di dua desa tersebut, untuk itu dengan adanya kegiatan penghijauan ini dapat membantu memulihkan kondisi lingkungan serta memberikan contoh kepada masyarakat akan kesadaran serta pentingnya menanam pohon bagi lingkungan,” katanya, Kamis (31/12/2015).
Indro menjelaskan, penghijauan lingkungan merupakan hal yang sangat penting selain berfungsi sebagai area resapan air juga sebagai solusi utama dalam mencegah terjadinya longsor pada saat musim penghujan.
“Kita tanam sekitar 5000 bibit yakni, jenis jati 3000 dan sengon 2000. Dengan begitu pohon-pohon yang akan tumbuh nanti dapat mencegah terjadinya longsor,” jelasnya.
Indro berharap, kegiatan penghijauan dapat terus dilaksanakan dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat yang ada diwilayahnya.
“Lokasi ini diharapakan kedepan dapat mendatangkan wisatawan, karena selain sejuk dan rindang, juga tercipta kenyamanan,” terangnya.

Informasi Prajurit