header-image

Masyarakat Dusun Pranan Ubah Sampah Jadi Kerajinan

Kodim 0705/Magelang·14 Nov 2017·08:53

 

Danramil 03 Bandongan Kodim 0705/Magelang Kapten Arm Akhmad Sakir menghadiri undangan penilaian Rumah Bank Sampah di Dusun Pranan Desa Kedungsari kecamatan Bandongan.

Pemanfaatan barang bekas seolah olah dianggap sebelah mata pada sekelompok masyarakat di kota maupun pedesaan.akan tetapi tidak di Desa Kedungsari tepatnya di Dusun Pranan Rt03/04Desa Kedungsari .

Dusun terpencil di sebelah barat sungai progo ternyata ada sebuah dusun yg pertama kali menerapkan bagi warganya baik anak anak ,bahkan orang tuanya untuk menciptakan berbagai kreasi dg berbagai macam bentuk yg menjadikan pandangan yg apik dan unik bahkan  menambah perekonomian yg meningkat di wilayah Dusun Pranan Ds Kedungsari .

Terbentuknya Rumah Bank Sampah Indah 2 pada Tanggal 7 Mei 2016 atau 1,5Thn yang lalu dengan semangat yang tinggi dan Antusias bagi seluruh warga Dusun Pranan dengan jumlah 57 anggota yg diketuai Fahrurozi S.PD bertekat dengan salam 3 (Tiga jari) sebagai simbol pemanfaatan sampah ataupun Barang Bekas untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat.

Pemanfaatan Rumah Bank Sampah yang ada di Dusun Pranan Desa Kedungsari sebagai contoh untuk dusun lain untuk mengikuti kegiatan Rumah Bank Sampah agar tercipta lingkungan yang bersih sehat dan bermanfaat tidak terbuang dengan sia sia.

Beberapa hasil olahan dari rumah bank sampah diantaranya bahan dasar kerajinan semacam dompet, pot bunga dan juga barang yang lain sangat berguna karena di samping mengurangi dampak dari pencemaran limbah juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Danramil 03 Bandongan Kapten  Arm Akhmad Sakir dalam kesempatan tersebut menuturkan bahwa fihak koramil sangat mendukung kegiatan pengolahan sampah baik organik maupun non organik untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

Informasi Prajurit