header-image

MONITORING UPSUS PAJALE KODIM 0730/GUNUNGKIDUL

Kodim 0730/Gunung Kidul·05 Apr 2017·10:27

Selasa, 10-01-2017 Pkl 10.00 WIB di  Dsn. Kalangbangi Wetan, Ds. Ngeposari, Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul. Dandim 0730/Gk Letkol Inf Muh. Taufik Hanif. Y.,S.Sos di damping Danramil 10/Semanu Kapten Inf Suwardi melaksanakan kegiatan “Monitoring UPSUS PAJALE” di Kelompok Tani Marsudi Rejeki.

Monitoring UPSUS PAJALE merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Kodim 0730/Gk di wilayah Kab. Gunungkidul, guna mendampingi dan memberi motifasi kepada para petani agar cita-cita pemerintah tercapai yaitu “Swasembada Pangan” yang ditargetkan pada tahun 2017 ini. Sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Komando atas khususnya Angkatan Darat dalam hal ini sebagai pelopor yaitu Babinsa guna mensejahterakan kehidupan para petani.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Poktan Marsudi Rejeki (Bpk. Tukimin) menyampaikan keluh kesah para anggota petaninya kepada Komandan Kodim 0730/Gk bahwa “pertanian diwilayah Dsn. Kalangbangi Wetan sangat berpotensi, cuman kendalanya adalah air. Jadi kami menyarankan untuk memfasilitasi pembuatan sumur bor atau mesin pompa air, kalau tidak mohon kiranya membantu biaya pengoperasionalan mesin pompa air Seropan yang sudah lama tidak beroperasi kurang lebih 6 tahun”.

Sistem pengairan di Poktan Marsudi Rejeki yang mengairi lahan sawah ± 50 Ha selama ini mengandalkan hujan dengan mengalirkan air dari sungai-sungai terdekat melalui jaringan irigasi tersier yang sudah ada dengan system tanam padi TAJARWO 4X1 dan 3X1 menggunakan bibit padi PP3 Hibrida. Dandim 0730/Gk juga diajak mengecek mesin pompa air Seropan yang sudah lama tidak beroperasi. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri kepala BP3K, Mantri Tani, PPL Pertanian Kec. Semanu dan anggota Kelompok Tani Marsudi Rejeki. (Babinsa Serda Jumidi).

Informasi Prajurit