header-image

ANGGOTA KORAMIL 17/ GAMPING BERSAMA WARGA CIPTA KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI

Kodim 0732/Sleman·13 Aug 2017·11:08
Anggota Koramil 17/ Gamping, Serka Acip Mulyawana mengajak warga sekitar tempat tinggal untuk memanfaatkan tanah kosong di sekitar lingkungan untuk ditanami sayuran sebagai upaya menciptakan Rumah Pangan Lestari di dusun Dowangan Rt 02/RW 16 desa Banyuraden kecamatan Gamping. Minggu (13/08/2017).
Pemanfa’atan pekarangan rumah atau lahan kosong disekitar lingkungan kita tinggal untuk KRPL, Kawasan Rumah Pangan Lestari, merupakan pengembangan dari Rumah Pangan Lestari (RPL), yaitu sebuah program pemerintah untuk masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah.
Rumah Pangan Lestari adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bersama yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.
Jika RPL dikembangkan dengan skala besar berbasis dusun/ Kampung atau wilayah yang memungkinkan, penerapan prinsip RPL disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari(KRPL) dengan menambahkan upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, kali ini Tanama Yang kita tanam berupa tanaman sayuran, seperti cabai, tomat, terong, sawi dan jenis sayuran lainya, dengan harapan bisa membantu warga akan kebutuhan sayuran sehari hari, dan mengurangi biaya belanja dapur, karena semua sudah tersedia di kebun warga dan secara nilai ekonomis juga lebih murah dari harga pasar.
Mudah mudahan dengan adanya Rumah Pangan Lestari di pedukuhan kami dapat memmbantu dan mensejahterakan warga..tegasnya .

Informasi Prajurit