header-image

Panen, Babinsa Sawangan Turun Ke Sawah

Kodim 0705/Magelang·11 Oct 2017·12:07

Babinsa Wonolelo Serda Soleh Riyanto membantu panen padi dilahan seluas satu hektar di areal persawahan milik Ny. Jumintuk anggota kelompok tani Mekarsari

Pendampingan yang dilakukan oleh Sersan Soleh di Dusun Windusajan, Wonolelo merupakan bagian dari tugas babinsa di satuan kewilayahan dalam rangka mendukung upaya khusus swa saembada pangan.

Musim panen padi di Kabupaten Magelang Jawa Tengah sekarang ini masih berlangsung. Diharapkan panen ini bisa terus terjadi dan memberi efek positif bagi petani setempat.

“Kita berharap capaian target panen petani yang sudah kita tentukan itu dapat terwujud,” kata Danramil Sawangan Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Mujtahidin. Panen berada di berbagai kecamatan ini merupakan panen dari masa tanam padi tiga bulan yang lalu.

Sementara itu Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Magelang  Ir. H. Eko Widi Hermanto mengatakan musim panen di wilayah Kabupaten Magelang bisa terjadi sepanjang musim, hal itu dikarenakan sebagian wilayah Magelang melaksanakan olah lahan adan olah tanam dengan menggunakan sumber air irigasi yang bersumber air pegunungan. Sehingga para petani bisa saja langsung olah lahan dan tanam padi seusai panen.

Masih menurut Ir Eko, kerjasama antara petani, PPL dan babinsa selama ini sudah terjalin dengan baik. Dan hasilnya cukup menggembirakan.

“Produksi padi kita diperkirakan ada peningkatan dari tahun sebelumnya karena mendapat dukungan dan bantuan dari Dinas Pertanian dan Pangan,” katanya.

Apalagi adanya tekad bersama untuk mewudjukan ketahanan pangan guna tetap mempertahankan swasembada padi dan beras di Magelang ini di mana untuk 2016 yang lalu daerah ini mampu swasembada beras.

Informasi Prajurit