header-image

PANEN RAYA PADI DI NANGGULAN

Kodim 0731/Kulon Progo·13 Jan 2018·14:44

(Nanggulan, 12/1/18).    Kasiter Korem 072/Pamungkas Letkol Inf Jaelan, dampingi Dr. Momon Rusmono Kepala  Badan Pertahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang melaksanakan panen raya padi di Wilayah Nanggulan, Kulon Progo, pada Hari Jumat (12/1), mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Panen raya padi di lahan sawah Kelompok Tani “Srijati” yang berada di Dusun Bejaten, Desa Jatisarono, Kec. Nanggulan, Kab. Kulon Progo, tepatnya di Bulak Kulon Kenteng, Nanggulan.

Kegiatan panen raya ini juga dihadiri oleh para pejabat diantaranya Kepala STTP Yogyakarta, Kepala Dinas Pertanian DIY, Kepala BPPT DIY, Kepala Balai Karantina DIY, Kepala Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan DIY, Kabulog Sub Divre DIY, Dandim 0731/Kulon Progo, Wakil Bupati Kulon Progo, Camat Nanggulan beserta Muspika dan Pejabat Pamong Desa Jatisarono.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pertahanan Pangan Kementerian Pertanian RI sangat apresiasi terhadap peningkatan hasil panen padi di Wilayah DIY pada umumnya, sehingga untuk wilayah DIY sudah tercukupi kebutuhan berasnya dan tidak perlu mendatangkan dari daerah lain. Di samping itu beliau juga sangat mengharapkan bahwa peningkatan ini bisa diikuti oleh propinsi lainnya sehingga Indonesia tidak perlu impor beras dari negara lain.

Motto Kulon Progo sangat bagus yaitu “ Bela Beli Kulon Progo” yang diartikan bahwa warga masyarakat Kulon Progo  akan mandiri dan mampu mencukupi kebutuhannya sendiri dengan menggunakan dan memberdayakan apa saja yang ada di wilayah Kulon Progo. Yen iso gawe ngopo tuku, Yen iso nandur ngopo tuku, yang berarti kalau bisa buat sendiri kenapa harus beli, kalau bisa tanam sendiri kenapa harus beli, jadi maksimalkan kemampuan kita untuk bisa mandiri dan mencukupi kebutuhan sendiri.

Informasi Prajurit