header-image

Persit Cabang XXVI Kodim Temanggung Sellenggarakan Pemeriksaan IVA

Kodim 0706/Temanggung,Persit KCK Koorcab Rem 072/PMK·29 Sep 2017·10:28

Para kaum ibu anggota Persit kartika chandra kirana cabang XXVI  Kodim 0706/Temanggung agar sejak dini memeriksakan kesehatan alat reproduksi  dengan IVA  test yang merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Hal itu penting dilakukan, pasalnya bila terdeteksi pra kanker bisa secepatnya diobati supaya sembuh sehat kembali.

Permintaan tersebut  disampaikan Ketua Persit Kartika Chandra kirana Cabang XXVI Ny Fenny yusuf Setiaji disela-sela acara   Pemeriksaan IVA di Gedung Sarwa Guna Makodim 0706/Temanggung  Kamis (28/9/17).

Ny Fenny yusuf Setiaji mengungkapkan  kaum ibu berperan penting sebagai  ujung tombak negara, kalau ibu sehat republik ini kuat. Maka diharapkan  ibu-ibu tidak usah malu untuk memeriksakan diri terutama kesehatan reproduksi melalui IVA Test guna  mendeteksi apakah terindikasi kanker leher rahim atau lebih dikenal kanker serviks. Bila hasil pemeriksaan positif pra kanker maka bisa segera  diobati  sesuai standart pelayanan kesehatan  sehingga tidak menjadi kanker dan sehat kembali.

Diungkapkan bila sudah terlanjur menjadi kanker apalagi stadium empat sudah sulit disembuhkan hingga bisa menyebabkan penderita meninggal dunia. Selain periksa  alat reproduksi, kaum ibu dan remaja putri juga diminta melakukan pemeriksaan  untuk kesehatan payudara  supaya kesehatannya tetap terjaga  sebagai antisipasi terhadap kemungkinan timbulnya penyakit kanker payudara.

“Oleh karena itu kepada ibu-ibu Persit kartika chandra kirana  Cabang XXVI Kodim 0706/Temanggung saya harapkan rajin memeriksakan alat reproduksi  melalui IVA test di Puskesmas-Puskesmas terdekat secara gratis. Bila positif pra kanker maka secepatnya diobati sebelum bertambah parah,” Pintanya  seraya menambahkan  terselenggaranya pemeriksaan ini atas kerja sama dengan dinas kesehatan Kabupaten Temanggung dan RSUD Temanggung dan juga Pemkab Temanggung mengalokasikan anggaran khusus untuk menangani kesehatan ibu.

Menurut dia, selama ini kesehatan reproduksi seolah masih dipandang sebelah mata, padahal jika sudah terkena misal seperti kanker serviks bisa merembet kemana-mana, Oleh karena itu Ny Fenny  yusuf Setiaji menginggatkan kepada ibu ibu persit yang mempunyai anak perempuan  untuk melakukan  cek kesehatan  putrinya. Dengan demikian  bila ditemukan ada yang terindikasi  kena kanker serviks bisa diobati  sesegera mungkin.

Informasi Prajurit