header-image

PRAJURIT BEKALI PRAMUKA PENGETAHUAN PETA DAN KOMPAS

Kodim 0729/Bantul·30 Oct 2017·07:42

Prajurit Kodim 0729/Bantul memberikan pembekalan orientasi peta dan kompas bagi para siswa SMAN 3 Bantul. Dalam kegiatan yang diikuti para siswa kelas X tergabung dalam Pramuka ini, bertindak sebagai pemateri yakni Wasbang Pasiter Kodim 0729/Bantul dengan Serma Nanang dan digelar di halaman Makodim 0729/Bantul, Jumat (27/10/2017).

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Inf Agus Widianto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk pengenalan kepada para anggota Pramuka untuk mampu membaca peta menggunakan kompas seperti yang dilakukan seorang prajurit. Sebagai anggota Pramuka kemampuan membaca peta sangat penting agar sewaktu-waktu bila dibutuhkan maka keterampilan tersebut dapat diterapkan.

“Anggota Pramuka dalam kegiatannya sering berada di tempat terbuka untuk pengenalan alam, oleh karena itu kemampuan membaca peta dan kompas harus dikuasai untuk menunjang semua itu. Selain untuk diri sendiri, kemampuan tersebut juga suatu saat akan berguna untuk menolong sesama atau setidaknya berbagi ilmu kepada orang lain,” jelas Agus Widianto melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul, Mayor Inf Suwarno.

Ditegaskannya sebagai gerakan kepanduan, Pramuka berperan penting dalam membentuk karakter generasi muda. Dalam Pramuka para pelajar dibentuk untuk menjadi seorang patriot muda berjiwa Pancasila yang di dalamnya ditanamkan nilai-nilai Ketuhanan, kemandirian serta persatuan dan kesatuan.

Oleh karena itu jajaran TNI melalui satuan di wilayah mulai tingkat Koramil maupun Kodim siap berkontribusi untuk turut membina dan memajukan Pramuka. Pembinaan tersebut dapat berupa pembentukan kemampuan anggota Pramuka baik secara individu maupun kelompok, hingga mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan gerakan kepanduan tersebut.

Informasi Prajurit