header-image

Prajurit Sadar Berlalulintas

KOREM 072/PMK·07 Feb 2018·11:05

Korem 072/Pmk Rabu 07-02-2018, menyambut gembira kegiatan gelar operasi POM dengan sandi “Waspada Wira Keris 2018” yang melibatkan seluruh prajurit dan ASN yang ada di Korem 072/Pamungkas ini karena dengan keterpaduan kegiatan seperti ini, upaya penegakan hukum, disiplin dan ketertiban di lingkungan Korem 072/Pmk dapat dilaksanakan secara serentak di seluruh jajarannya. Korem berharap agar kegiatan ini mampu meningkatkan disiplin anggota termasuk disiplin berlalu lintas.

Gaktib yang dipimpin oleh Perwira seksi pemeliharaan ketertiban (Pasi Hartib) Denpom IV/2 Yogyakarta Kapten CPM Haryansyah tersebut dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan berupa kelengkapan berlalu lintas seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM), KTA TNI maupun PNS, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Ijin Jalan, dilanjutkan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat serta kelengkapan keluarga TNI

Pasi Intel Mayor Arh Anton Prasetijono yang turut hadir dalam pelaksanaan pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat Polisli Militer tersebut mengatakan kita ketahui bahwa berbagai perubahan dan perkembangan lingkungan telah memberi pengaruh positif maupun negatif terhadap sikap dan perilaku masyarakat secara umum, termasuk sikap dan perilaku Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI yang bertugas di wilayah Jateng dan D.I.Yogyakarta. Pengaruh negatif dilingkungan kehidupan prajurit yang dapat kita lihat adalah masih sering terjadinya pelanggaran disiplin oleh prajurit, oleh sebab itu kegiatan operasi Kepolisian Militer ini hendaknya dijadikan sebagai media untuk membina, mengarahkan dan meningkatkan disiplin dikalangan anggota sekaligus sebagai upaya untuk menegakkan hukum sesuai ketentuan yang berlaku. Ini penting disadari sebab sehebat apapun ibaratnya sistim senjata yang digunakan, tidak akan mencapai hasil apa-apa apabila tidak disertai dengan sikap disiplin dikalangan prajurit.

Sedangkan Kapenrem 072/Pamungkas Mayor Caj Syamsul Ma’arif dalam serangkaian sweeping tersebut, tidak didapati seorang pun anggota TNI dan ASN yang kedapatan melanggar. Hal ini dibuktikan bahwa untuk tingkat kedisiplinan dan sadar berlalulintas anggota TNI dan ASN jajaran Korem 072/Pmk sudah meningkat. Diharapkan kedepan operasi Gaktib ataupun sweeping tersebut akan terus ditingkatkan secara berkesinambungan untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas dan untuk meredam pengemudi kendaraan yang masih nakal, agar kedepan dapat lebih tertib berlalu lintas, Keselamatan lebih diutamakan karena anak, istri dan keluarga menunggu di rumah, pungkasnya.

Informasi Prajurit