header-image

SARASEHAN DALAM UPAYA MENYUKSESKAN PERCEPATAN LTT

Kodim 0707/ Wonosobo·10 Jun 2017·13:07

 

Dalam rangka menyukseskan program swasembada pangan Kodim 0707/Wsb Wonosobo melaksanakan dialog interaktif dengan kelompok tani melalui Gerakan Percepatan Luas Tambah Tanam di wilayah Wonosobo.  acara dialog interaktif dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Kepala Dinas Pertanian, para Danramil, Camat Selomerto, PPL Pertanian, ketua dan anggota kelompok tani se Kecamatan Selomerto dan tidak ketinggalan tokoh masyarakat.  Kegiatan bertempat di Koramil 10/Selomerto. Acara sarasehan didahului dengan penanaman padi jenis Cihera oleh Muspida dan kelompok tani. (9/6/2017)

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono  dalam sambutannya menyampaikan rasa puji syukur kehadirat Tuhan YME  bahwa untuk wilayah Wonosobo target yang diberikan oleh pimpinan atas bisa tercapai bahkan lebih yaitu mencapai 103%.  Tugas TNI semakin komplek dilapangan hal ini disebabkan saat ini TNI disamping melaksanakan tugas pokok yaitu menjaga kedaulatan NKRI juga diberi tugas tambahan seperti ikut serta menyukseskan prgoram swasembada pangan.

Upaya percepatan luas tambah tanam ini harus segera dilaksanakan, hal ini sanat penting karena sebentar lagi  akan memasuki musim kemarau.  Untuk itu sebelum memasuki musim kemarau diharapkan para petani agar segera mengolah lahannya jangan dibiarkan lama terbelengkai.

Tidak lupa Dandim mengingkatkan kepada kita semua khususnya para aparat pemerintah untuk bersatu padu memotifasi petani untuk mempercepat luas tambah tanam. Dalam ilmu militer apabila sebuah negara mempunyai ketahan pangan yang baik maka itu merupakan modal utama dalam perang.

Eko Purnomo,SE.MM selaku Bupati Wonosobo menyampaikan bahwa  Pemerintah menyampaikan terimakasih serta Penghargaan yang mendalam kepada Komandan Kodim 0707/Wsb beserta seluruh jajarannya atas segala kerja keras dan pengabdiannya dalam menjaga keamanan maupun memberikan warna bagi terselenggaranya pembangunan daerah, terutama pembangunan di bidang pertanian.

Pemantapan swasembada pangan mempunyai peranan strategis bagi agenda pembangunan dan diharapkan mampu menyediakan pangan dan gizi yang cukup bagi peningkatan kwalitas SDM, lapangan kerja,sumber devisa dan mampu mendorong munculnya industri baru seperti Industri Pertanian/pangan.

Pilar utama yang mampu menopang ketahanan ekonomi dan ketahanan nasional yang berkelanjutan.disamping itu pencapaian swasembada pangan dihadapkan pada perubahan iklim global yang mengakibatkan tingginya susut hasil (losses) alih fungsi dan frakmentasi lahan pertanian, semakin mahalnya upah tenaga kerja pertanian, lemahnya permodalan petani serta kerusakan infrastruktur pertanian.

Terobosan Pemerintah dalam rangka untuk menghadapi permasalahan dalam pencapaian swasembada pangan serta melakukan langkah-langkah Strategis dalam rangka mencapai kemandirian suplay yang sustainable Untuk meningkatkan produktivitas persatuan lahan melalui penerapan teknologi yang tepat guna.

Meningkatkan fasilitasi pendampingan penyuluhan pertanian dan penelitian serta dukungan dari TNI seperti melalui gerakan perbaikan irigasi nasional maupun melalui peningkatan luas tambah tanam dengan berbagai skema. Upaya-upaya yang kita lakukan harus tetap memperhatikan dan mengedepankan sistim Pertanian yang ramah lingkungan.

Untuk mencapai keberhasilan pembangunan perekonomian di bidang pertanian tidak terlepas dari peran pemerintah,oleh karena itu kepada dinas atau instansi terkait.saya menekankan, untuk benar-benar membina para petani agar terwujud kelompok tani yang handal.kegiatan dialog/temu lapang sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat tani dapat dilaksanakan secara kontinyu dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.

Informasi Prajurit