header-image

SATGAS PAMTAS RI – MALAYSIA YONIF 403/WP MENANGKAP PENGEDAR NARKOBA

Yonif 403/Wirasada Pratista·20 May 2017·09:53

MALINAU (18/05/2017). Tim gabungan Pos Kout Satgas Pamtas Yonif 403/WP, Tim SatgasBais TNI, SGI dan Unit Inteldim 0910/Mln yang di pimpin langsung oleh Wadansatgas PamtasYonif 403/WP Mayor Inf Danu Prasetya pada hari Kamis tanggal 18 Mei 2017 pukul 21.21 Witabertempat di kedai Kopi 21 Jl. Intimung Ds. Malinau Kota Kec. Malinau Kota Kab.Malinau prov.Kaltara telah melaksanakan penangkapan terhadap pengedar Narkobaasal Tarakan Tengah.

“Kronologispenangkapanbermulapadapukul 19.00 WITA Tim Gabungan mendapatkan informasi dari jaring tentanga dan transaksi narkoba dari Tarakan yang dibawake Kab.Malinau menggunakan speed.Kemudian pada pukul 20.00 WITA dilaksanakan pengintaian di kedai Kopi 21 Jl. Intimung Ds. Malinau Kota Kec.Malinau Kota Kab.Malinau krna didapat informasi bahwa Sdr. Rahmat Hidayat akan menuju tempa ttsb. Pada pukul 21.00 WITA Sdr. Rahmat Hidayat datang ke kedai Kopi 21 menggunakan Ojek dan memesan makan. Pukul 21.21 WITA dilaksanakan penangkapan terhadap Sdr. RahmatHidayat dan langsung dibawa ke Kout PamtasYonif 403/WP untuk dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut tentang barang haram tersebut”, tegasWadanSatgas Mayor Inf Danu.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tersangka antara lain 3 paket sedang sabu-sabu dan 4 paket kecil sabu-sabu ( 2,5 gram), HP samsung J3 1 unit, HP nokia 1 unit, 2 buahkorek, Sangkur 1 buah, 1 kotak kaca mata dan kaca mata Oakley, 5 botolparfum, Albothyl (obatsariawan) 1 buah, Rokok Marlboro 2 bungkus, Rokoksampoerna 1 bungkus, Senter 2 buah, UangtunaiRp. 48.000,-, Dompet 1 buah, Ikatpinggang 1 buah, Taspinggang 1 buah, TasRansel 1 buah, Kartuseluler IM3 1 buahdanTelkomsel 2 buah, Bukucatatan 1 buah.

Dari hasilpenyelidikan yang didapat bahwa saudara RH baru pertama kali menjual sabu – sabu di daerah Malinau dan paket sabu – sabu tersebut dibeli dengan hargaRp. 2.000.000,- dana akandijual di daerah Malinau dengan harga sekitar Rp. 5.000.000,-. SaudaraRH membeli sabu-sabu di Tarakan dengan Sdr. Daeng yang beralamat di Jl. Yos Sudarso Belakang toko Malinau Desa Selumit Pantai Kec.Tarakan tengah Kab.Tarakan.

Dansatgas Pamtas Yonif 403/WP dihubungi via Handphone Selular menyampaikan bahwa, secara umum kondisi wilayah Kabupaten Malinau relatif kondusif. Walaupun kegiatan TKI illegal, penyelundupan Mirasdan Narkoba masih sering terjadi. Menyikapi hal tersebut, Dansatgas menyimpulkan bahwa masyarakat Kabupaten Malinau masih rentan dengan tindak pidana penyelundupan, kegiatan illegal mudahdilakukan.“PihakSatgasPamtas, Kodim, dan pihak intelijen lainnya yang terkait akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini secara rutin di wilayah perbatasan, dalam rangka membantu tugas Bea Cukai dan Kepolisian, dalam meminimalisir dan memberantas peredaran Narkoba di masyarakat”,tandas Dansatgas Letkol Inf Andi Amin.

Informasi Prajurit