header-image

SEORANG PRAJURIT HARUS MEMILIKI KESEGARAN JASMANI YANG BAIK

Kodim 0729/Bantul·09 Nov 2017·11:02

Kesegaran Jasmani merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit Tentara Nasional Indonesia, baik matra Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara. Setiap Prajurit harus memiliki kesegaran jasmani yang baik guna mendukung disetiap pelaksanaan tugas sehari – hari dan pelaksanaan tugas Operasi Militer Perang (OMP) hingga Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Seperti yang telah dilaksanakan oleh Prajurit dan PNS satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul dilapangan dwi windu bantul. Selasa (07/11/2017) Kegiatan kesemaptaan kesegaran jasmani Kodim 0729/Bantul dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 07 – 09 November 2017, tanggal 07 – 08 pelaksanaan Garjas A dan B di lapangan dwi windu bantul dan tanggal 09 pelaksanaan renang militer di kolam renang tirto tamansari bantul.

Kegiatan pembinaan fisik ini menjadi hal yang wajib dilaksanakan dan di ikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS TNI. Dalam pelaksanaannya dilaksanakan setahun 2 kali, yaitu Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik 1 pada semester pertama, dan Garjas Periodik 2 pada semester ke dua.

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto mengatakan pelaksanaan kesemaptaan jasmani atau garjas ini adalah kegiatan yang pasti akan dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI, baik Darat, Laut dan Udara. Dengan tujuan agar seluruh Prajurit TNI memiliki Kesegaran Jasmani yang baik, sehat dan semangat dalam melaksanakan tugas sehari – hari.

” Seorang Prajurit dan PNS TNI harus senantiasa menjaga kesehatannya, menjaga kebugaran tubuhnya, sehingga dalam melaksanakan tugas menjadi semangat, salah satunya adalah dengan cara melaksanakan kesegaran jasmani yang dilaksanakan 1 tahun dua kali, meski demikian dalam keseharian sebelum melaksanakan tugas setiap hari selasa dan kamis selalu dilaksanakan kegiatan aerobik dan senam sebelum bekerja, tujuannya agar para Prajurit dan PNS TNI selalu memiliki kondisi badan yang sehat, fit dan semangat dalam menjalakan tugasnya ” tambahnya.

Kegiatan Kesegaran Jasmani meliputi Garjas A yaitu lari dengan jarak 3200 meter, Garjas B yaitu Pull up, Sit up, Push up dan Sutle run, dan renang militer.

Informasi Prajurit