header-image

TANAM PADI SERENTAK DI WILAYAH KODIM 0730/GUNUNGKIDUL

Kodim 0730/Gunung Kidul·12 Nov 2016·15:10

5

Dsn. Ngasem Utara, Ds. Plembutan, Kec Playen, Kab. Gunungkidul. Dandim 0730/Gk Letkol Inf Muh. Taufik Hanif. Y.,S.Sos di damping KA DISPERTAN Gunungkidul dan Ka Gud Bulog Logandeng melaksanakan kegiatan “Tanam Padi Serentak” yang melibatkan seluruh Prajurit Kodim 0730/Gk bersama Kelompok Tani Sumber Rejeki dengan jumlah 200 Orang.

Padi merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kab. Gunungkidul, maka dari itu Kementan RI melakukan kerjasama/ MoU dengan TNI-AD untuk mendampingi dan memberi motifasi kepada para petani agar cita-cita pemerintah tercapai yaitu “Swasembada Pangan” yang ditargetkan pada tahun 2017 nanti.Kegiatan tanam padi serentak kali ini merupakan terobosan TNI-AD khususnya para prajurit Kodim 0730/Gk dengan pelopor yaitu Babinsa sebagai ujung tombak guna mengajak para petani agar segera tanam padi, dikarenakan saat ini sudah memasuki Musim Hujan Pertama (MH 1) sehingga air melimpah ruah dan sangat cocok untuk tanam padi, di sebabkan wilayah Kab. Gunungkidul sebagian besar sawahnya merupakan Tadah Hujan.

Antusias petani di Dusun Ngasem Utara dalam kegiatan ini sangat luar biasa, di lahan 20 Ha para petani semangat dan bahu-membahu dengan anggota Kodim 0730/Gk menanam padi jenis Cihera dengan pola tanam yaitu TAJARWO 2X1 (Tanam Jajar Legowo) yang saat ini diterapkan oleh Pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten masing-masing daerah.

Dalam sambutannya, Dandim 0730/Gk menyampaikan bahwa “Bapak/Ibu petani sekalian janganlah takut apabila Bapak-bapak TNI turun ke sawah, karena mereka siap membantu dalam mengatasi kesulitan petani baik dari segi pendistribusian Pupuk, Bibit dan yang lainnya, serta kami juga nitip agar hasil panen nanti walaupun sedikit bisa dijual ke Bulog, karena TNI-AD juga bekerjasama dengan Perum Bulog masalah penyerapan gabah dan beras.”

Kegiatan tersebut juga dihadiri Muspika Kec. Playen, Kades, Mantri Tani, PPL Pertanian dan anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki.

Informasi Prajurit