header-image

Tanggul saluran induk waduk Wadaslintang Jebol

Kodim 0709/Kebumen·17 Apr 2017·14:15

Sejumlah anggota dari Koramil 08/Alian, Koramil 10/Prembun, personel PMI Kab. Kebumen, personel BPBD Kab. Kebumen dan masyarakat setempat melaksanakan kegiatan penanganan jebolnya saluran irigasi induk waduk Wadaslintang yang tengah terjadi hari ini Senin (17/4/17).

Jebolnya tanggul saluran irigasi induk Waduk Wadaslintang ini tepatnya di aliran sungai Desa Sruni Kec. Alian dengan kerusakan sekitar 5 meter di Desa Bojongsari Kec. Alian. Dari hasil pengecekan di lapangan, Danramil 08/Alian Kapten Inf Lusiman mengatakan, “kejadian ini terjadi sekitar pukul 07.00 WIB dalam kondisi debit air penuh dan dimungkinkan tanggul penahan tidak lagi mampu menahan debit air tersebut sehingga mengakibatkan tanggul penahan longsor dan terjadi rembesan air sehingga mengakibatkan tanggul tidak lagi mampu menahan arus air, akibatnya saluran induk Wadaslintang ini jebol,” katanya.

Kejadian jebolnya tanggul ini mengakibatkan 13 rumah penduduk mengalami kerusakan, Menurut keterangan Danramil 08/Alian Kapten Inf Lusiman, diperkirakan kerugian meterial hingga mencapai 500 juta rupiah lebih. Muspika Alian beserta perangkat Desa dan Dinas PSDA datang ke lokasi untuk menghentikan aliran sungai induk wadaslintang yang jebol. Kegiatan pun masih dilanjutkan dan akan dilanjutkan pembersihan puing-puing dan pohon yang tumbang pada besok hari selasa tanggal 18 April 2017, beruntung dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Kebutuhan mendesak Baju anak, Baju dewása, Makanan & minuman serta Selimut. (Pard).

Informasi Prajurit