header-image

TENTARA YOGYAKARTA BERSAMA WARGA SWADAYA NORMALISASI SUNGAI CODE

Kodim 0734/Yogyakarta·06 Dec 2017·09:25

Dengan adanya pembuangan limbah rumah tangga ke aliran sungai menyebabkan air menjadi kotor oleh sampah. Prihatin dengan kondisi yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Code di wilayah Kecamatan Danurejan Yogyakarta, ratusan warga terdiri dari anggota Kodim 0734/Yogyakarta, termasuk di dalamnya Babinsa Kelurahan Tegal Panggung Sertu Widiyono, Pelajar dan Masyarakat sekitar melaksanakan karya bhakti untuk menormalisasi sungai pada bulan yang lalu. Selasa (5/12).

Di wilayah tersebut penanganan terhadap tebing longsor tidak cukup sebatas melakukan pengamanan tebing dengan membangun talut maupun bronjong penahan saja. Kalau di lakukan hanya untuk pengamanan tebing arus sungai tetap menjadi ancaman. Sebab yang terjadi sekarang arus sungai mengarah langsung ke tebing pemukiman warga.

Dalam sambutan Danramil 04/Danurejan “Mayor Inf Rahmatullah. S.E,.M.M,” Kegiatan normalisasi sungai selain sebagai silahturohmi dan kepedulian terhadap bencana alam yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Normalisasi dilakukan menyusul tergerusnya tebing sungai akibat banjir hingga mengancam keberadaan pemukiman warga. Terjadi perubahan alur sungai code, di mana dalam perkembanganya saat ini cenderung mengarah ke tebing yang diatasnya terdapat pemukiman warga. Terang Danramil 04/Danurejan.

Dan disela-sela waktu Letkol Inf rudi Firmansyah, S.E.,M.M, yang juga selaku Komandan Kodim 0734/Yogyakarta mengatakan “kegiatan normalisasi aliran Sungai Code ini sebagai tindakan rutin setiap memasuki musim hujan, karena setiap kali dilakukakan normalisasi maka akan kembali penuh dengan sampah.

“Ini masalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai, sehingga sungai menjadi seperti tempat sampah terpanjang,” katanya.

“Kami juga melakukan perbaikan talud yang rusak atau berlubang karena tergerus aliran air agar saat datang air besar kuat untuk menahan laju air sungai,” katanya.

Sungai Code merupakan aliran sungai yang mebelah Kota Yogyakarta. Sungai Code merupakan aliran Sungai Boyong yang berhulu di lereng Gunung Merapi yang berpotensi dialiri bajir ketika puncak Gunung Merapi terjadi hujan deras.

Meluapnya Sungai Code saat terjadi banjir menjadi ancaman bagi warga yang berdiam di sekitar aliran sungai, karena sepanjang tepian aliran Sungai Code merupakan pemukiman padat penduduk. Tegas Dandim Kota Yogyakarta.

Informasi Prajurit