header-image

Terjadi Longsor, Aparat Beserta Warga Bergotong-royong

Kodim 0705/Magelang·10 Jan 2018·09:03

Gabungan TNI-Polri, BPBD, SAR dan masyarakat Dusun Kamal Desa Giritengah berotong royong membersihkan longsoran tanah yang menimpa rumah salah satu warga, Selasa (09/01).

Tebing setinggi lebih kurang 12 meter longsor menimpa rumah milik Ikhasan (45), warga Dusun Kamal Giritengah. Dinding sisi kiri rumah Ikhsan retak akibat benturan tanah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Longsor terjadi pada Senin (08/01) sekira pukul 16.30, saat dusun setempat diguyur hujan lebat lebih adari 3 jam.

Kadus Kamal, Bandriyana melaporkan kejadian tersebut kepada Babinsa Giritengah, Sertu Jemirin. Mendapat laporan dari warga selanjutnya Jemirin melaporkan kepada Danramil. Setelah itu dilakukan koordinasi dengan pihak –pihak terkait guna mengatasi kejadian yang menimpa warga.

Setelah hujan reda, Babinsa bersama kadus menuju lokasi terjadinya bencana, Dari hasil pengecekan oleh babinsa dan kadus disepakati dilaksanakan pembersihan longsoran tanah pada pagi harinya.

Personel gabungan yang melaksanakan kerja bakti berhasil membersihkan timbunan tanah yang menutup diding rumah. Akibat longsoran tanah, diniding rumah Ikhsan mengalami retak. Untuk sementara penghuni  5 orang rumah menngsi di tempat saudaranya yang tidak jauh dari lokasi.

Disela – sela kerja bakti, Camat Borobudur, Nanda Pribadi menyempatkan diri meninjau lokasi bencana di Giritengah. Nanda juga sempat berdialog dengan pemilik rumah dan warga dilokasi.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruhnya, atas kerjasama dalam mengatasi bencana ini” ujar Nanda.

Kepada seluruh warga Camat Borobudur juga berpesan agar selalu waspada dan berhati – hati mengingat cuaca saat ini sering berubah. Aapalagi dengan kondisi tanah yang merupakan dataran tinggi yang sewaktu – waktu bsa terjadi longsor.

Informasi Prajurit