header-image

TES KESEMAPTAAN JASMANI ANGGOTA KODIM KULON PROGO

Kodim 0731/Kulon Progo·15 Nov 2017·09:21

Tes Kesemaptaan Jasmani Periode II TA 2017, bagi TNI dan ASN Kodim 0731/Kulon Progo, dilaksanakan selama 3 hari yaitu Selasa, Rabu dan Kamis (14,15 dan 16 November 2017).  Untuk semapta A dan B dilaksanakan di seputaran Alun-Alun Wates pada hari Selasa dan Rabu, sedangkan untuk renang dilaksanakan pada hari Kamis bertempat di Kolam Renang UNY Pengasih, Wates, Kulon Progo.

Sebagai penyelenggara dan penilai Tes Kesemaptaan Jasmani A dan B Periode II TA 2017 sebagai berikut : Danlat : Kapten Inf Suhardi, Wadanlat : Kapten Inf Nurhadi Wijaya, Simalat : Pelda Sumaryono, Katim Penilai : Kapten Inf Sukamta, Penilai : Serma Paryono, Serka Budiman, Serma Suratiyo, Serka R.Suroso, Serka Supriyanto.  Pull Up : Peltu Sumarsana, Sit Up : Pelda Muntakib, Pus Up : Pelda Antonius Wahyu, Sutlle Run : Peltu Sukamdi.  Sedangkan untuk renang : Katim : Kapten Inf Winarto, Peltu Agus Riyanto, Serka Supriyanto.   Pendukung : Bakes : Sertu Kardiyono.

Giat garjas ini dipantau langsung dari Denkesyah Yogyakarta dalam pengecekan tensi darah anggota, guna mengetahui kondisi masing-masing personel.   Bagi yang tensinya lebih dari 140 tidak diperbolehkan mengikuti giat ini demi keselamatan.  Setelah tensi seluruh Prajurit dan ASN melaksanakan senam pemanasan dipimpin oleh Serka Suroso yang terlebih dahulu diambil oleh Kapten Inf MB Berhen Sukoco (Pasiops) untuk memberikan beberapa penekanan dan berdoa bersama memohon keselamatan dalam pelaksanaan kegiatan ini.  Selesai senam pemanasan Peltu Agus Riyanto (Batiops) menyampaikan ketentuan semapta kali ini.   Untuk militer lari 4 kali putaran ring luar Alun-Alun Wates dan ASN 3 kali putaran.   Setelah lari anggota militer melaksanakan sit up, suttle up dan pull up.   Petugas dari Denkesyah Yogyakarata memberikan arahan dan penekanan kepada anggota yang antara lain : agar seluruh anggota mengutamakan faktor keamanan pribadi masing-masing.  Jangan merasa gengsi atau terprovokasi ejekan teman.  Apabila dalam pelaksanaan semapta merasa pusing atau sesak di dada agar segera memberitahukan kepada petugas kesehatan yang sudah stanby di setiap sudut rute lari untuk mendapatkan pertolongan.   Untuk anggota yang saat ini tensinya tinggi dipersilahkan untuk mengikuti di hari berikutnya, tetapi apabila esok hari juga masih tensi tinggi anggota yang bersangkutan dilarang mengikuti garjas ini, demikian tegasnya.

Tes Kesemaptaan Jasmani Periode II TA 2017 Kodim 0731/Kulon Progo, Semapta A dan B dapat berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.   Khusus militer akan dilanjutkan dengan renang pada Hari Kamis 16 November 2017 di Kolam Renang UNY Pengasih, Kulon Progo.

Informasi Prajurit