header-image

Tingkatkan Ketrampilan Prajurit, Kodim Wonosobo Gelar UTP

Kodim 0707/ Wonosobo·13 Feb 2018·09:38

 

Selama ini masyarakat awam hanya mengetahui bahwa sebagai seorang prajurit hanya dituntut secara kemampuan jasmaninya saja, akan tetapi sebenarnya secara ketrampilan peroranganpun juga dituntut untuk dikuasai, untuk membina dan meningkatkan ketrampilan prajurit, 80 orang anggota Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan Uji Terampil Perorangan (UTP) umum di Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo pada Senin (12/2/2018).

Uji terampil perorangan tersebut terdiri atas keterampilan pengetahuan dasar militer meliputi senjata, peta jarak, kompas, intelijen, sikap teritorial, 5 kemampuan teritorial, bhakti TNI, Binwanwil, Komsos, Sisrendal Binter, dan Tatalaksana Binter dan rencananya akan dilaksanakan selama dua hari yaitu senin- rabu Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli S.E. mengatakan, UTP tersebut dilaksanakan setiap tahun sekali dan sebelumnya didahului dengan Latihan perorangan guna mengasah dan mengingat kembali dasar-dasar dari seorang militer supaya lebih profesional dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Dandim menegaskan “Meskipun kita sudah melaksanakan dinas di Komando teritorial (Koter), namun dasar-dasar dari seorang prajurit harus selalu kita ingat” UTP tersebut diuji oleh seluruh Perwira di jajaran Kodim 0707/Wonosobo, tandas Dandim.

Sebelum pelaksanaan Uji Terampil Perorangan (UTP) Pasiops Kodim 0707/Wonosobo Kapten Czi Sarwiyono juga menuturkan, bahwa Uji Terampil perorangan ini bertujuan untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan serta kecakapan secara perorangan untuk mencapai kualifikasi keterampilan. Latihan ini dilaksanakan supaya anggota TNI, mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing (profesional dan proporsional).

UTP ini juga untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap prajurit sesuai dengan kecakapan SJM (Spesialisasi jabatan militer) untuk mendapatkan data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan terhadap pengetahuan serta keterampilan umum sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel,” imbuh Kapten Czi Sarwiyono.

Lebih lanjut, Pasiops Wonosobo mengajak kepada anggotanya peserta UTP untuk mengikuti apa yang telah direncanakan oleh Stafops Kodim 0707/Wonosobo serta walaupun latihan ini bersifat rutin setiap tahun tapi jangan ada yang tidak serius bahkan main main, tandasnya.

Kemampuan standar prajurit Kodim 0707/wonosobo harus terpenuhi, kemampuan juga harus sesuai dengan tingkat kecakapan, dari kecakapan tingkat 2 sampai tingkat kecakapan 7

Informasi Prajurit