header-image

” Tingkatkan Kualitas Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan “

PENPAS·30 Jun 2014·10:11

r

Dalam beberapa hari lagi, tepatnya 29 juni 2014, umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan yaitu momen dimana umat Islam melaksanakan ibadah puasa yang merupakan ibaah yang wajib dilakukan selama satu bulan lamanya. ibadah puasa merupakan kegiatan yang sangat baik bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan harus dapat dimaknai sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas diri mengingat berpuasa pada hakikatnya bukan sekedar menahan lapar dan dahaga, namun dapat dijadikan sebagai sarana mawas diri, mengendalikan hawa nafsu, menekan ego, dan meningkatkan jiwa sosial serta kepedulian terhadap sesama.

Oleh karena itu, bagi prajurit dan PNS yang akan melaksanakan ibadah puasa, agar benar-benar mempersiapkan diri sehingga dapat menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya. hendaknya ibadah puasa dapat dijadikan sebagai sumber motivasi untuk melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab baik sebagai prajurit maupun PNS dengan tetap bekerja secara maksimal dan penuh keikhlasan, karena hal tersebut juga merupakan suatu ibadah. kemudian kepada para prajurit dan PNS yang tidak melaksanakan ibadah puasa, dihimbau untuk menghormati rekan-rekan yang melaksanakan ibadah puasa melalui sikap toleransi yang tinggi.

Untuk itu, kepada para pimpinan/ Komandan satuan, dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan agar melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Pertama, mengingkatkan kepada setiap prajurit dan PNS yang wajib melaksanakan ibadah puasa, agar melaksanakannya dengan baik.

Kedua, memberikan pemahaman bahwa selama melaksanakan ibadah puasa harus mampu mengendalikan diri, jangan cepat terpancing hawa nafsu yang tidak terkendali yang dapat menggagalkan ibadahnya.

Ketiga, menekankan kepada prajurit dan PNS di satuannya agar dalam melaksanakan ibadah puasa hindari hidup boros dan konsumtif yang dapat mengurangi nilai ibadah itu sendiri.

Keempat, Menekankan kepada para prajurit dan PNS yang tidak melaksanakan ibadah puasa untuk menghormati mereka yang melaksanakan puasa dengan sikap toleransi yang tinggi.

 

Selamat Bertugas Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Demikian Penerangan Pasukan ini disampaikan kepada segenap prajurit dan PNS TNI Korem 072/Pamungkas

Informasi Prajurit