header-image

TNI MILIK RAKYAT

Kodim 0707/ Wonosobo·10 Jan 2018·10:29
TNI sudah dikenal seluruh rakyat Indonesia mulai dari balita sampai dengan manula, dari rakyat jelata sampai dengan pejabat, dari pelosok desa sampai dengan kota metropolitan. Akan tetapi tugas pokok TNI masyarakat masih banyak yang belum tahu.  Mereka masih ada yang mempersoalkan kehadiran TNI disetiap even kegiatan seperti menolong bencana alam, membuat jalan dan sebagainya.
Dalam rangka memperkenalkan tugas – tugas TNI tersebut Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, SE didampingi Pasi Ops Kapten Czi Sarwiyono, Danramil Kota Kapten Inf Heru Utomo, melalui kegiatan dialog interaktif di Radio Purnamasidi FM dengan tema yang diusung tugas pokok TNI tertuang dalam UU 34 tahun 2004. (9/1)
Letkol Czi Fauzan Fadli, SE menerangkan bahwa sesuai dengan Undang – undang tersebut TNI mempunyai tugas sebagai berikut bahwa TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Sedangkan fungsinya adalah  TNI sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai;  penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa;
Sedangkan tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
Tugas pokok  tersebut dibagi menjadi dua yaitutugas operasi militer untuk perang; dan tugas operasi militer selain perang ada 14 aitem , yaitu untuk:
1. Mengatasi gerakan separatis bersenjata;
2. Mengatasi pemberontakan bersenjata;
3. Mengatasi aksi terorisme;
4. Mengamankan wilayah perbatasan;
5. Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis;
6. Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri;
7. Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya;
8. Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta;
9. Membantu tugas pemerintahan di daerah;
10. Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang;
11. Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia;
12. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan;
13. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue); serta
14. Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.
Dengan tugas tersebut diatas sudah jelas bahwa TNI itu selalu bersama rakyat baik dalam keadaan suka maupun duka.  TNI selalu siap membantu rakyat seperti membantu bencana alam, membantu Pemda dalam upaya menjaga stabilitas negara.
Jadi sudah jelas bahwa tugas TNI itu benar – benar untuk membantu rakyat, TNI terjun kemasyarakat bukannya ikut campur urasan instansi tertentu akan tetapi TNI benar – benar membantu rakyat sesuai dengan UU.
Tugas begitu mulai, maka Komandan Kodim mengharapkan kepada para pemuda Wonosobo agar bisa masuk dalam keluarga besar TNI.  Tentunya agar bisa masuk TNI harus disiapkan benar – benar karena pada saat pendidikan dan penugasan operasi membutuhkan fisik dan kemampuan yang prima. Baik kemampuan fisik mapun akademis. Saat ini TNI harus cerdas karena situasi sekarang membutuhkan orang – orang yang cerdas. Jadi bukan hanya fisik saja.

Informasi Prajurit