header-image

Upaya Babinsa Hadirkan Cara Stek Kopi Unggul

Kodim 0709/Kebumen·12 Jan 2018·09:53

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 14/Pejagoan Serda Sukamto bersama Dinas Perhutani Kab. Kebumen, PPL dan jajaran Muspika Kec. Pejagoan melaksanakan kegiatan penyuluhan dilanjutkan cara penanaman dan penyetekan pohon kopi di Desa Watulawang tepatnya di lingkungan RT 05 RW 01 Kec. Pejagoan – Kebumen, Jum’at (12/1/18).

Tujuan dilaksanakannya penyuluhan ini sendiri dengan harapan memberikan pembekalan secara teknis bagi para anggota kelompok tani yang nantinya akan mampu memberikan bekal awal tentang cara stek tanaman kopi yang baik dan benar.

“Stek merupakan salah satu cara yang digunakan untuk pembibitan sebuah tanaman, dan kopi juga termasuk salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan melalui cara stek atau yang biasa dikenal sebagai budidaya vegetatif. Sebenarnya budidaya bibit tanaman kopi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, namun kurangnya informasi membuat banyak petani yang masih belum mengetahui cara stek tanaman kopi yang baik dan benar, Cara stek tanaman kopi yang bisa kita lakukan agar hasilnya berkualitas maka sebaiknya dilakukan dengan cara stek pada induk tanaman kopi yang memang bagus, Cara ini lebih bagus kita lakukan dan dalam tahap proses juga lebih cepat jika kita bandingkan dengan teknik pembibitan semai biji kopi. “ ujar Serda Sukamto menambahkan.

Ada sekitar 25 orang anggota kelompok tani swadaya saya kerahkan untuk mengikuti penyuluhan ini, saya berharap melalui pembekalan ini nantinya ada peningkatan yang signifikan bagi para petani di desanya, terlebih materi yang disajikan benar-benar memberikan suatu bekal yang selama ini menjadi kendala bagi para petani kopi di desa kami” papar Tawiarja disela-sela kegiatannya.

Hadir dalam acara ini Babinsa Desa Watulawang Serda Sukamto, anggota Dinas Perhutani Prov Jateng wilayah Kebumen Joko Cahyono, Ketua kelompok tani swadaya Tawiarja, PPL Pejagoan dan Muspika Kec. Pejagoan serta para anggota kelompok tani.

Informasi Prajurit