header-image

USAHA NYATA BABINSA DALAM MEMBANTU PETANI MEMANTAU TANAMAN PADI

Kodim 0732/Sleman·13 Feb 2018·10:31

 

(Ngemplak) – Babinsa Koramil 07/Ngp jajaran Kodim 0732/Sleman. Sertu Sunardi turun langsung kesawah mengecek dan mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di Desa Sindumartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Senin (12/2)

Sementara hasil pantauan di lapangan kepada para Babinsa hingga saat ini, tanaman padi terlihat subur dan diharapkan hasil panen meningkat khususnya di wilayah Kecamatan Ngemplak dan wilayah Kecamatan lainnya, kegiatan monitoring tanaman padi milik petani dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi.

Selain untuk melihat langsung kondisi tanaman padi, pengecekan ini sekaligus untuk mencari solusi sebagai upaya pencegahan dini guna memberantas dan membasmi hama wereng coklat dan hama lainnya secara cepat dan tepat, sehingga tidak menyebar ke petak sawah yang lain yang berdampak kerugian yang lebih besar bagi petani atau yang lebih buruk lagi yaitu gagal panen.

Pengecekan secara langsung ke lapangan dilakukan Babinsa Sertu Sunardi, dikarenakan perubahan cuaca yang sering turun hujan yang kemungkinan berdampak terhadap tanaman padi yang akan mudah terserang hama, serta terkait adanya laporan dari anggota kelompok tani yang menyatakan bahwa tanaman padinya terserang hama wereng coklat yang menyerang batang padi, sehingga mengakibatkan berkurangnya sebagian hasil panen para petani.

Informasi Prajurit